Junaidi Resmi Jabat Rektor Universitas Lancang Kuning 2019-2023

Junaidi Resmi Jabat Rektor Universitas Lancang Kuning 2019-2023

Ketua Yasrah Irwan Effendi melantik Junaidi sebagai Rektor Unilak 2019-2023, Kamis (7/11/2019) pagi..

Kamis, 07 November 2019 11:45 WIB
Riady S

PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Akademisi muda Riau, Junaidi (47), resmi sebagai Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Periode 2019-2023.

Proses pelantikan dilakukan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji (Yasrah), Irwan Effendi di aula Gedung Pustaka Kampus Unilak Jalan DI Panjaitan Rumbai, Pekanbaru, Kamis (7/11/2019) pagi.

Sebelum melantik, Irwan bertanya kepada Junaidi. ”Apakah saudara bersedia mengemban tugas sebagai seorang rektor?” tanya Irwan Effendi kepada Junaidi. ”Saya bersedia, untuk mengemban tugas ini,” jawab Junaidi.

Pelantikan Junaidi dilakukan berdasarkan SK Nomor 0312/Yasrah.BI/XI2019 tentang Pengangkatan Doktor Junaidi sebagai Rektor Unilak Periode 2019-2023.

Setelah itu Irwan Efendi langsung membaca naskah pelantikan. Peresmian Junaidi sebagai Rektor Unilak berdasarkan SK Nomor 0312/Yasrah.BI/XI2019.

Dia disumpah berdasarkan agama Islam. ”Demi Allah, saya bersumpah, Bahwa saya diangkat pada jabatan ini baik langsung atau tidak langsung dengan rupa atau dalil apa pun, tidak menyanggupi atau memberi sesuatu,” kata Irwan saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Junaidi didampingi rohaniwan.

Momen bersejarah itu disaksikan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, unsur forkopimda provinsi, perwakilan LLDikti Wilayah X, rektor se-Riau, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Riau, Ketua LAM Riau Al Azhar, dan undangan lain yang jumlahnya sebanyak 200 orang.

Ketua Yasrah, Irwan Effendi dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga melihat peningkatkan akreditasi Universitas Lancang kuning. Dia berterima kasih kepada Rektor Unilak sebelumnya atas kerja keras yang sudah raih dan berhasil mengantarkan Unilak menempati posisi 183 untuk tingkat universitas seluruh Indonesia

Kepala Bagian Sumber Daya Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah X Febrina Fitri menyampaikan ucapan selamat kepada rektor baru Unilak dan berterima kasih repada rektor sebelumnya dalam mencapai raihan prestasi yang membanggakan. Dia berharap agar Unilak menghasilkan SDM yang mampu bersaing dengan universitas lain.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau Edy Natar setelah acara mengatakan, Unilak sudah memberikan kontribusi nyata untuk perkembangan Provinsi Riau dan SDM-nya bisa bersaing dengan lulusan universitas lain.

”Kita berharap Unilak bisa meningkatkan kerja sama dengan pihak pemerintah, tentu di bawah kepemimpinan rektor baru. Saya yakin beliau mampu untuk memajukan Unilak, terlebih beliau masih muda,” ujar Edy Natar.

Acara pelantikan dikemas dengan nuansa budaya Melayu. Dengan menggunakan tanjak, Junaidi dan istri kemudian ditepungtawati yang diawali oleh wakil gubernur Riau.

Sekadar diketahui, Junaidi lahir di Bangkinang, 2 Desember 1972. Pendidikan strata 1 dari Universitas Padjajaran Bandung, pendidikan S2 dari Universitas Gajah Mada, dan doktor dari University of Malaya Kuala lumpur. ***

Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
wwwwww