Kecelakaan Bus PMTOH di Kuantan Singingi yang Tewaskan 6 Penumpang Diduga karena Rem Bus Blong, Ini Kronologinya

Kecelakaan Bus PMTOH di Kuantan Singingi yang Tewaskan 6 Penumpang Diduga karena Rem Bus Blong, Ini Kronologinya

Kondisi mobil bus PO. PMTOH rusak parah usai kecelakaan yang menewaskan enam orang penumpang di jalan lintas Kiliranjao-Pekanbaru di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing, Riau, Rabu (9/10/2019). (DOK. POLRES KUANSING)

Rabu, 09 Oktober 2019 16:07 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kecelakaan sebuah mobil bus menewaskan enam orang penumpang di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Rabu (9/10/2019).

Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Yohanes Basri menuturkan, mobil bus PO PMTOH jenis Marcedes Benz BM 7326 AL dikemudikan oleh Indra Weli Saputra.

Awalnya, mobil bus melaju di jalan lintas dari arah Kiliranjao, Sumatera Barat, menuju Kota Pekanbaru, melalui Kabupaten Kuansing, kira-kira pukul 11.45 WIB. Sesampainya di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Tengah, kondisi jalan tikungan menurun.

”Mobil bus saat itu beriringan dengan sebuah mobil dump truck. Setibanya di jalan tikungan menurun, mobil bus mengalami rem blong dan menabrak dump truck dari belakang," kata Yonahes, saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Setelah menabrak truk, bus masih terus berjalan. Begitu juga dengan truk terus melaju. Sopir bus banting stir ke kanan jalan untuk menghindari kendaraan yang ada di depannya. Karena kecepatan tinggi, pengemudi akhirnya hilang kendali lalu bus terbalik ke luar badan jalan. Akibat dari kecelakaan itu, enam orang penumpang tewas di tempat.

”Korban yang meninggal dunia enam orang. Lima orang dewasa dan satu anak balita berusia lima tahun," sebut Yohanes.

Selain korban tewas, kata dia, sebanyak 9 orang penumpang mengalami luka-luka. Para korban dievakuasi ke puskesmas dan RSUD Kuansing. Sementara itu, kondisi mobil bus usai kecelakaan mengalami rusak parah. Bagian atap mobil lepas. "Kerugian materil sekitar Rp 10 juta," sebut Yohanes.

Dia menambahkan, lokasi kecelakaan bus tersebut jalan beraspal mulus dan tikungan menurun. Arus lalu lintas saat kejadian sepi dan kiri kanan jalan hutan lindung dan beberapa perumahan warga. Kasus kecelakaan lalu lintas ini sudah ditangani oleh petugas Satlantas Polres Kuansing. Kendaraan dan para korban sudah dievakuasi.

"Kami juga sudah meminta keterangan dua orang saksi di lokasi kejadian. Termasuk keterangan dari pengemudi. Untuk pengemudi bus mengalami luka-luka," kata Yohanes.

Diberitakan sebelumnya, sebuah bus mengalami kecelakaan di jalan lintas Telukkuantan-Kiliranjao tepatnya di Desa Kasang, Kecamatan Kuntan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau, Rabu (9/10/2019). ***

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Kronologi Kecelakaan Bus yang Menewaskan 6 Orang Penumpang di Riau"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Kuansing, Peristiwa
wwwwww