Aktivitas Bandara Pekanbaru Kembali Normal setelah Diguyur Hujan, tapi 33 Penerbangan Terlanjur Dibatalkan

Aktivitas Bandara Pekanbaru Kembali Normal setelah Diguyur Hujan, tapi 33 Penerbangan Terlanjur Dibatalkan

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II. (SINDONEWS.com)

Senin, 23 September 2019 23:20 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hujan dengan intensitas ringan hingga deras mengguyur sebagian wilayah Riau. Jarak pandang di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru yang sebelumnya hanya 500 meter kini menjadi 4 kilometer.

”Alhamdulillah kondisi tersebut membuat aktivitas penerbangan di Bandara Pekanbaru sudah kembali normal. Jarak pandang sudah 4 Kilometer," kata Officer in Charge Bandara SSK II Pekanbaru, Benni Netra, Senin (23/9) malam.

Hujan tersebut terjadi kira-kira pukul 15.50 WIB di beberapa sudut Riau. Beberapa menit kemudian, hujan menular ke daerah lainnya dan kabut asap langsung hilang. Udara di Pekanbaru pun terang benderang.

”Sebelum hujan, sebanyak 33 pesawat sudah terlanjur dibatalkan penerbangannya. Yang tadi return to base (kembali ke bandara keberangkatan) Singapore sudah kembali, begitu juga yang divert (dialihkan) ke Padang,” ucap Benni.

Benni menjelaskan, dari 33 penerbangan yang dibatalkan itu, ada 17 di antaranya jadwal keberangkatan. Sementara, 16 merupakan jadwal penerbangan kedatangan. ”Tadi yang sudah dibatalkan tidak berangkat lagi karena terganggu akibat jarak pandang yang minim," imbuhnya.

Benni menyebutkan, sejak Senin pagi memang ada beberapa penerbangan sempat melakukan holding atau berputar-putar di atas langit Pekanbaru. Mereka menunggu jarak pandang yang terbatas menjadi baik.

Maskapai yang holding itu seperti Lion Air dari Bandara Kualanamu, Medan berputar-putar selama kurang lebih dua jam dan akhirnya dapat mendarat di Pekanbaru pada pukul 14.12 WIB.

”Lalu pesawat Scoot Air yang berangkat dari Singapura sempat holding beberapa kali di wilayah Riau. Akhirnya pilot lebih memilih kembali ke Singapura," ujar Benni. ***

Berita ini telah tayang di merdeka.com dengan judul "Sempat Batalkan 33 Penerbangan, Aktivitas Bandara Pekanbaru Kembali Normal"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Pekanbaru
wwwwww