PotretNews.com Kamis 17 Oktober 2019

Ratas soal Karhutla di Pekanbaru, Jokowi Beri 3 Arahan

Ratas soal Karhutla di Pekanbaru, Jokowi Beri 3 Arahan

Presiden Jokowi memimpin ratas soal karhutla di Pekanbaru. (GORIAU.com)

Senin, 16 September 2019 20:33 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkunjung ke Provinsi Riau, Senin (16/9/2019). Kehadiran orang nomor satu di negara ini untuk mengecek langsung kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bumi Lancang Kuning.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin di Pekanbaru pada pukul 18:30 WIB, Jokowi langsung langsung menuju penginapan dan melaksanakan rapat terbatas (ratas) mengenai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau.

Dalam ratas tersebut, Jokowi menekan tiga poin penting yang harus mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah, menteri-menteri terkait dan aparat penegak hukum.

Pertama, Jokowi meminta agar karhutla yang telah meluas hingga menghanguskan puluhan ribu hektar ini dapat segera diatasi.

Ads
”Luas lahan yang terbakar sudah mencapai puluhan ribu hektar, jangan sampai ini mengganggu aktivitas penerbangan yang bisa berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan aktivitas ekonomi di Riau yang tidak kita harapkan," kata Jokowi memulai ratas di salah satu hotel di Pekanbaru, Senin malam.

Kedua, Jokowi meminta aparat hukum untuk menindak tegas pelaku-pelaku pembakar hutan tanpa pandang bulu. "Aparat hukum harus bertindak tegas kepada perusahaan maupun perorangan (pembakar hutan dan lahan, red)," ucapnya.

Ketiga, presiden meminta agar satuan tugas (satgas) pencegahan dan penanggulangan karhutla dapat bekerja maksimal dengan melakukan pencegahan sejak dini. ”Lakukan pencegahan agar karhutla tidak merembet ke lokasi lain, baik ke kawasan gambut, hutan, apalagi sampai masuk wilayah pemukiman," pungkasnya. ***

Berita ini telah tayang di goriau.com dengan judul "Ini Tiga Poin Penting yang Ditekankan Jokowi saat Rapat Karhutla"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
       
        Loading...    
           
wwwwww