Peringatan Keras Kapolri kepada Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek: Jika Lalai Atasi Karhutla, Out!

Peringatan Keras Kapolri kepada Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek: Jika Lalai Atasi Karhutla, <i>Out</i>!

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan keterangan pers di Pekanbaru, Senin (16/9/2019) malam. (GORIAU.com)

Senin, 16 September 2019 21:38 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian, kembali memberikan peringatan keras bagi jajarannya di daerah agar serius menangani musibah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi saat ini.

”Ultimatum” itu disampaikan secara langsung oleh Kapolri saat konferensi pers di salah satu hotel di Pekanbaru, Senin (16/9/2019) malam.

Tito menyebut dia akan mengirim tim dari Mabes Polri untuk melakukan penilaian terhadap kinerja jajarannya di daerah dalam hal ini kapolda, kapolres dan jajaran.

”Saya akan kirim tim untuk mengintensifkan upaya penegakan hukum. Tadi pagi saya adakan video conference untuk seluruh polda dan polres di Indonesia dengan penekanan pada enam polda paling utama yaitu; Polda Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalsel, dan Kalteng. Juga ada level duanya yaitu Lampung, Sumatra Utara, Kaltim, Kalimantan Utara, termasuk Jawa dan NTT," terang Tito kepada wartawan.

Selanjutnya, agar dapat memaksimalkan upaya mengintensifkan jajarannya, Kapolri akan memberikan pulling (daya tarik) dan pushing (dorongan) pada jajaran agar lebih termotivasi dan serius dalam melaksanakan tugasnya.

”Ya namanya manusia masalah manajemen. Bagaimana agar mereka tertarik melakukan aktivitasnya secara maksimal, dan bagaimana agar mereka terpacu. Maka dari itu saya sampaikan tadi silahkan bergerak dan nanti akan ada tim penilai dari Mabes Polri. Jajaran irwasum dan propam yang akan mengecek wilayah. Targetnya adalah polda, polres, dan polsek," ujar jendral berbintang empat itu.

Lebih lanjut, jika ada jajarannya yang kedapatan tidak menjalankan tugas dengan maksimal, akan ada sanksi berat yang akan diberikan Kapolri bagi pihak yang bersangkutan."Jadi seandainya di polda itu dari penilaian kita ada yang tidak terkendali, dan tidak ada upaya maksimal apalagi tidak ada penangkapan, out, mau kapolda, kapolres, kapolsek, out!," tandasnya.

Sebaliknya, jika jajaran yang didapati melakukan tugas dengan maksimal, Kapolri akan memberikan reward. ”Yang kedua, jika seandainya mereka berhasil melakukan penangkapan, tangkap tangan, dan lain-lain. Sesuai dengan grade-nya, setiap polda, polres, itu berbeda-beda, kita kasih reward mau sekolah, promosi, termasuk KPLB (kenaikan pangkat luar biasa, red) sehingga mereka akan terpacu. Kita akan buktikan ini," pungkas Tito. ***

Berita ini telah tayang di goriau.com dengan judul "Peringatan Keras, Kapolri: Jika Kapolda, Kapolres, Kapolsek Lalai Atasi Karhutla, Out! "

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim, Pemerintahan, Riau
wwwwww