Mahasiswa Demo ke Kantor Gubernur Riau Desak Pemerintah Serius Tangani Karhutla dan Kabut Asap

Mahasiswa Demo ke Kantor Gubernur Riau Desak Pemerintah Serius Tangani Karhutla dan Kabut Asap

Mahasiswa di Pekanbaru menggelar aksi di depan kantor Gubernur Riau. (DETIK.com)

Senin, 16 September 2019 10:55 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sekelompok mahasiswa menggelar aksi demo terkait kabut asap di Riau. Di tengah asap pekat, massa membakar ban bekas yang menimbulkan asap hitam.

Aksi demo ini digelar mahasiswa di ruas jalan Sudirman, Pekanbaru di depan Kantor Gubernur Riau, Senin (16/9/2019). Kelompok mahasiswa menuntut Gubernur Riau, Syamsuar untuk segera mengatasi kabut asap imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Demo ini mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Para mahasiswa masih bertahan di pintu gerbang Kantor Gubernur Riau. Di dalam halaman kantor gubernur juga dijaga ketat polisi.

”Kami selaku masyarakat mendukung aksi demo mahasiswa menuntut agar kebakaran lahan ini segera diatasi pemerintah. Tapi ya jangan bakar ban bekas, kan kondisi kita udara dikepung asap," kata warga yang melintas di aksi demo tersebut.

Sebagaimana diketahui, kebakaran hutan dan lahan sudah berlangsung selama dua bulan. Imbasnya, kebakaran yang luas membuat kabut asap yang kini mengepung sejumlah wilayah di Riau.

Kabut asap membuat Pemkot Pekanbaru meliburkan seluruh sekolah dari tingkat TK, SD, dan SMP. Begitu juga Pemprov Riau meliburkan SMA sederajat.

Sejumlah kampus juga masih memperpanjang libur mahasiswanya. Salah satunya Universitas Islam Riau (UIR). Libur juga diberlakukan bagi staf dan dosen yang kondisi hamil.

"Melihat kondisi asap yang belum juga hilang dan masih level tidak sehat, kami memutuskan libur mahasiswa diperpanjang dari hari ini sampai Selasa (17/9/2019)," kata Rektor UIR Syafrinaldi, Senin (16/9/2019). ***

Berita ini telah tayang di detik.com dengan judul "Kepala BMKG Mengaku Kesulitan Membuat Hujan Buatan Atasi Karhutla Riau"

Editor:
Akham Sophian

wwwwww