Asap Menggila, Jarak Pandang di Pekanbaru Cuma 300 Meter

Asap Menggila, Jarak Pandang di Pekanbaru Cuma 300 Meter

kondisi udara di Pekanbaru, persis di kawasan Sudirman. Matahari pun sudah kelihatan memerah. (GATRA.com)

Jum'at, 13 September 2019 11:51 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau makin tak terkendali. Jumat (13/9/2019) pagi jarak pandang di Kota Pekanbaru cuma 300 meter saja.

”Asap pekat pagi ini sangat terasa. Dibanding hari sebelumnya kabut asap semakin parah," kata Pon (59) warga Panam, Jumat (13/9/2019).

Pon menyebut langit saat ini juga tampak putih diselimuti asap, bahkan sudah cenderung ke warna kuning. Belum lagi asap yang sudah masuk ke dalam rumah, membuat dirinya tak tau harus mencari udara segar di mana

”Udara di luar parah, di dalam rumah juga sudah bau asap. Ini saya di kamar saja, hidupin AC biar tidak terlalu terasa. Takut asma saya kambuh," keluhnya.

Rina (29) juga begitu. Warga Panam Pekanbaru ini cerita, saat berangkat kerja pagi tadi, sepeda motor yang ada di depannya sudah tidak jelas terlihat. "Untung pakai lampu semua. Kalau tidak, mungkin bisa tabrakan. Karena memang pekat kali asapnya," ujarnya.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Bibin mengatakan, asap pekat masih menyelimuti Kota Pekanbaru bahkan jarak pandang sudah sangat menurun; 300 meter.

”Yang paling parah itu bukan di Pekanbaru. Di Pelalawan jarak pandang bahkan hanya 200 meter," katanya.

Indragiri Hulu (Inhu) dan Dumai juga diselimuti kabut asap. Jarak pandang di kedua wilayah ini juga terbatas. "Jarak pandang Inhu hanya 300 meter dan Dumai 400 meter," katanya.

Bibin kemudian merinci, untuk titik panas di Provinsi Riau hari ini terpantau 239 titik yang tersebar di 9 wilayah; Bengkalis 7 titik, Kampar 11 titik, Dumai 1 titik, Kuantan Singingi (Kuansing) 11 titik, Pelalawan 30 titik, Rokan Hilir (Rohil) 18 titik, Siak 3 titik, Inhil 127 titik dan Inhu 31 titik.

"Dari jumlah itu, 177 titik level konfidence nya sudah di atas 70 persen. Ini berarti di wilayah itu dipastikan terjadi karhutla," katanya.

Titik itu ada di Bengkalis 6 titik, Kampar 8 titik, Kuansing 9 titik, Pelalawan 21 titik, Rohil 13 titik, Siak 2 titik, Inhil 98 titik dan Inhu 20 titik. ***

Berita ini telah tayang di gatra.co dengan judul "Bahaya! Jarak Pandang Akibat Karhutla Hanya 300 Meter"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Pekanbaru
wwwwww