Sudah Yatim dari Lahir, Pelajar Kampar Ini Jadi Paskibraka di Istana Negara yang Saat Seleksi Pinjam Sepatu Robek

Sudah Yatim dari Lahir, Pelajar Kampar Ini Jadi Paskibraka di Istana Negara yang Saat Seleksi Pinjam Sepatu Robek

Muhammad Asraf saat dikukuhkan menjadi Paskibraka (kiri) dan ibunda Asraf (kanan). (KOLASE)

Sabtu, 17 Agustus 2019 08:26 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Muhamat Asraf adalah salah satu Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka) yang mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional.

Asraf akan menjadi salah satu pengibar sang Merah Putih pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (HUT RI) di Istana Negara pada Sabtu (17/8/2019).

Tapi, perlu diketahui seperti apa perjuangan Asraf hingga menjadi Paskibraka nasional. Muhamat Asraf adalah seorang anak yatim. Dia tinggal bersama ibunya di Desa Binabaru, Kecamatan Kamparkiritengah, Kabupaten Kampar. Bocah kelahiran tahun 2002 itu anak bungsu dari tiga bersaudara. Saat ini ia duduk di bangku kelas II SMAN 1 Kamparkiritengah.

Ibu Asraf bernama Atik mengaku tidak menyangka anaknya bisa lolos menjadi Paskibraka nasional. Saat ini anaknya sudah berada di Jakarta. "Alhamdulillah, saya bangga sekali. Sungguh saya tidak menyangka Asraf bisa lolos ke tingkat pusat," ucap Atik saat diwawancarai wartawan di rumahnya, Desa Binabaru, Rabu (14/8/2019).

Atik yang bekerja serabutan ini mengaku mendukung penuh anaknya untuk ikut Paskibraka, mulai dari seleksi dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

”Saya bilang ke dia, kalau memang mau jadi anggota Paskibraka, berlatihlah dengan tekun dan sungguh-sungguh," kata Atik. Pinjam sepatu robek Asraf sempat merasa minder dan sedih karena tidak memiliki sepatu untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional.

Tapi, orang tuanya tidak punya uang untuk membeli sepatu tersebut. Ibunya tidak menyerah. Atik meminjam sepatu tetangganya yang sudah robek agar anaknya bisa ikut seleksi. ”Dia sempat malu sama kawan-kawannya. Jadi saya pinjam sepatu tetangga," tutur Atik. Ia menceritakan, awalnya Asraf mengikuti seleksi Paskibraka di sekolah. Setelah pulang latihan, Asraf muntah-muntah.

”Saat itu dia muntah sampai di rumah. Dia bilang tadi ikut Paskibraka," imbuh Atik. Dikatakan Atik, anak bungsu yang memiliki tinggi badan 170 cm ini bercita-cita ingin menjadi polisi. Asraf adalah sosok yang pendiam dan hobi mencari ikan di sungai dan berolahraga main bola voli. Bahkan, Atik tak menyangka Asraf menekuni Paskibraka.

”Karena dia sering melihat upacara bendera 17-an di televisi, Asraf tertarik menjadi salah satu pasukan Paskibraka. Ternyata ia tekuni," ujar Atik. Sejak itu, Asraf sering mengikuti kegiatan Paskibraka di sekolah hingga akhirnya menjadi Paskibraka nasional.

”Kami sangat bersyukur dan tim seleksi profesional. Kali ini mungkin baru anak jelata bisa masuk (Paskibraka) tingkat nasional," ujar Atik. Tidak punya biaya Atik mengaku tidak ada biaya untuk anaknya yang mengikuti seleksi Paskibraka. Saat seleksi, Asraf sering tidak dibekali dengan uang.

”Saya tidak punya uang. Saya hanya kerja serabutan di kebun sawit dan karet orang lain. Kadang satu hari dapat gaji Rp 75.000. Itu pun enggak tiap hari," kata Atik.

Atik dan anak-anaknya tinggal di sebuah rumah bantuan Pemerintah Kabupaten Kampar. Rumah itu dibangun di atas tanah milik saudaranya. Sebelumnya, dia tinggal di sebuah rumah dari kayu yang dipinjamkan oleh kakak ibunya. "Dulu kami tinggal di rumah kayu punya kakak ibu. Tapi sekarang alhamdulillah dapat bantuan bedah rumah dari pemerintah," kata Atik.

Meski sudah tak punya suami, Atik mengaku tetap semangat menyekolahkan anaknya. Asraf salah satunya. Perjuangan Atik menyekolahkan Asraf membuahkan hasil. Apalagi, Asraf seorang anak yang rajin dan tekun belajar.

”Ashraf ini anak yatim dari lahir. Dia anak yang rajin dan tekun belajar. Saya selalu berdoa yang terbaik buat dia dan anak-anak saya yang lain," ucap Atik. Pada saat mengikuti latihan dan seleksi, menurut dia, Asraf jarang sekali membawa uang.

Tapi, Atik selalu memberikan semangat dan motivasi. Kini, anak kesayangannya itu sukses menjadi salah satu pasukan pengibar sang Merah Putih di Istana Negara.

”Saya sangat bangga sama Asraf," ungkapnya. Karena sudah jarang bertemu, Atik mengaku sangat rindu Asraf. "Saya kangen sekali sama dia. Dia enggak pegang HP jadi enggak bisa dihubungi. Saya harap Asraf sukses saat pengibaran bendera nanti," ujar Atik.

Untuk diketahui, dua orang Paskibraka nasional perwakilan Riau yakni Muhamat Asraf dan Tri Setya Negara Putri, siswi SMA 1 Rengat di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). ***

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Yatim dari Lahir, Asraf Berhasil Jadi Paskibraka di Istana Negara"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Kampar, Umum
wwwwww