Home > Berita > Umum

Biaya Masuk TK Sumbang Inflasi Bulan Juli di Riau

Biaya Masuk TK Sumbang Inflasi Bulan Juli di Riau

Gambar hanya ilustrasi. (KOMPASIANA)

Jum'at, 02 Agustus 2019 11:55 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tahun ajaran baru 2019 di Riau, biaya masuk SMA dan TK picu terjadinya inflasi di Riau sebesar 0.79 persen. Biaya masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Tarif masuk Taman Kanak-kanak ternyata juga jadi andil terjadinya inflasi di Riau pada bulan Juli 2019 lalu.

Bulan Juli 2019 itu Riau kata Kepala BPS Riau, Aden Gultom dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (2/8/2019) mengalami inflasi sebesar 0,79 persen.

"Inflasi Riau itu terjadi karena adanya kenaikan harga pada kelompok bahan makanan, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga, kelompok sandang, kelompok kesehatan, kelompok makanan jadi dan kelompok perumahan, air,listrik,gas dan bahan bakar," ujarnya.

Sedangkan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan kata Aden mengalami deflasi sebesar 0,49 persen.

Selain tarif SMA dan Taman Kanan-kanak tambah Aden, Komoditas lainnya yang memberikan andil terjadinya inflasi di Riau adalah Cabai merah,cabai rawit, daging Sapi, emas perhiasan, ayam hidup, daging ayam ras, kangkung dan lain lain.

Sementara itu komoditas yang memberikan andil deflasi diantaranya, angkutan udara, angkutan antar kota, bawang merah, ketimun, jengkol, petai, udang basah dan lain lain.

Dari 23 kota di Sumatra yang menghitung IHK duapuluh satu kota diantaranya mengalami inflasi dengan inflkasi tertinggi terjadi di Sibolga sebesar 1,88 persen dan diikuti kota Tanjung Pandan sebesar 1,23 persen dan kota Medan sebesar 0,95 persen.

Sedangkan inflasi terendah terjadi di kota Padang Sidempuan sebesar 0,06 persen. ***

Berita ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul "Tahun Ajaran Baru 2019, Biaya Masuk SMA dan TK Picu Terjadinya Inflasi di Riau Sebesar 0.79 Persen"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww