Kota Pekanbaru Berada dalam Kepungan Kabut Asap, Jarak Pandang Pagi Hari Hanya 4 Km

Kota Pekanbaru Berada dalam Kepungan Kabut Asap, Jarak Pandang Pagi Hari Hanya 4 Km

Pekanbaru Diselimuti Kabut Asap. (MERDEKA)

Selasa, 30 Juli 2019 11:52 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Wilayah Kota Pekanbaru kembali diselimuti asap. Hal ini diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan di sejumlah kabupaten di Riau.

Tercatat, ada 5 perusahaan yang terjadi kebakaran lahan di areanya membuat kabut asap dengan cepat menyebar.

Pantauan merdeka.com, Kantor Gubernur Riau yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru turut diselimuti asap tebal. Bahkan sekolahan mulai dari SD, SMP SMA dan kampus juga mengalami hal yang sama.

”Dari pantauan kami, hotspot atau titik panas cukup banyak. Memang ada terpantau asap di wilayah Pekanbaru," ujar Staf Analis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yasir, Senin (30/7/2019).

Akibat asap itu, jarak pandang atau visibilitas jadi terbatas hingga empat kilometer saja. Menurutnya, jarak pandang akan membaik menjelang siang. Pada pukul 08.00 WIB, jarak pandang sudah lebih baik hingga lima kilometer.

Kabut asap juga melanda sejumlah wilayah di Riau, seperti Rokan Hilir, Indragiri Hilir dan Pelalawan. Tiga wilayah itu terdeteksi adanya titik panas terbanyak di Riau.

BMKG mendeteksi adanya 60 titik panas di Riau. Untuk di Pelalawan, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir menyumbang titik panas terbanyak di Riau.

Di Kabupaten Pelalawan ada 30 titik panas, Indragiri Hilir 15 titik, Rokan Hilir 8 titik. Di Bengkalis 2 titik, Indragiri Hulu 2 titik, Kampar 1 titik, Kuansing 1 titik, serta Siak 1 titik. Dari jumlah 60 titik panas itu, 33 titik di antaranya merupakan titik api atau indikasi kuat adanya kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

Titik api itu terdeteksi di beberapa kabupaten, yakni Di Pelalawan ada 19 titik api, sementara Rokan Hilir 5 titik, dan Indragiri Hilir 5 titik api, Bengkalis 2 titik, Kampar 1 titik dan Indragiri Hulu titik. ***

Berita ini telah tayang di merdeka.com dengan judul "Pagi ini, Kota Pekanbaru Berada Dalam Kepungan Kabut Asap"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Pekanbaru
wwwwww