Asap Berbau Menyengat Tercium oleh Warga Pekanbaru yang Hendak Menjalankan Salat Subuh

Asap Berbau Menyengat Tercium oleh Warga Pekanbaru yang Hendak Menjalankan Salat Subuh

Kabut asap selimuti Kota Pekanbaru. (DETIKCOM)

Minggu, 28 Juli 2019 10:16 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kabut asap imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, pagi ini. Bau asap tercium menyengat oleh warga yang hendak menjalankan salat subuh. Pantauan media, kabut asap terlihat di kawasan Panam, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Ahad (28/7/2019), pukul 08.00 WIB. Kabut asap terlihat jika memandang ke arah gedung Kantor Dinas PU Riau di Jalan SM Amin dari jarak 1 km.

Begitu juga di Jalan Soebrantas. Kabut asap yang menyelimuti kawasan kota ini tampak lebih jelas jika dibandingkan hari sebelumnya.

”Asapnya memang tipis tapi sangat jelas kelihatannya. Tadi bangun mau Salat Subuh ke masjid, buka pintu rumah bau asap menyengat," kata Ilham Saputra warga Jl Purwodadi.

Walau asap menyelimuti kota, warga tetap berolahraga seperti biasa. Warga nampak ramai berolahraga di areal Stadion Utama, Kecamatan Tampan.

Ada warga yang joging, ada yang senam jantung dan bersepeda. Kawasan ini setiap akhir pekan memang selalu ramai dikunjungi warga.

”Memang terasa bau asapnya, tapi mau bagaimana lagi. Kan asapnya belum pekat, masih bisalah kita berolahraga," kata Surya Abdullah (34) saat ditemui di lokasi.

Seperti diketahui, kebakaran lahan saat ini terjadi di Kabupaten Siak dan Pelalawan. Di Kabupaten Siak, sudah sepekan api tak kunjung padam. Puluhan hektar lahan gambut di kabupaten tersebut terbakar.

Tim Satgas Darat dan Udara telah berupaya memadamkan api. Satgas Karhutla, lewat tim udara, melakukan water bombing dengan helikopter. ***

Berita ini telah tayang di detik.com dengan judul "Kabut Asap Selimuti Kota Pekanbaru Pagi Ini, Baunya Menyengat"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Lingkungan, Pekanbaru
wwwwww