Home > Berita > Umum

Kasus Saldo Hilang, Bank Mandiri Akui Terjadi Error dan Klaim Hanya Menimpa 10 Persen Nasabah

Kasus Saldo Hilang, Bank Mandiri Akui Terjadi <i>Error</i> dan Klaim Hanya Menimpa 10 Persen Nasabah
Sabtu, 20 Juli 2019 11:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Puluhan nasabah Bank Mandiri di Pekanbaru, Riau, kehilangan saldo, Sabtu (20/7/2019). Peristiwa itu terjadi saat mereka akan menarik saldo di ATM. Saat memprotes ke Bank Mandiri Palembang, disebutkan ada kerusakan sistem TI. Tak lama kemudian, pihak Bank Mandiri kemudian memberikan penjelasan resmi terkait masalah tersebut. Bank Mandiri menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening.

”Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun, pada kali ini terjadi error pada data saldo 10 persen nasabah Bank Mandiri,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas dalam keterangan resmi, Sabtu.

Bank Mandiri, lanjut Rohan, menjamin saldo nasabah akan segera pulih dalam waktu 2-3 jam ke depan karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan back up data saldo nasabah. Bank Mandiri mempersilakan nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungan ke kantor cabang Bank Mandiri.

Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

”Sekali lagi kami memohon maaf dan kami pastikan rekening nasabah aman," kata Rohan. Diberitakan sebelumnya, puluhan nasabah melakukan aksi protes ke Bank Mandiri di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, karena saldo hilang, Sabtu (20/7/2019).

Mereka protes kenapa hal itu bisa terjadi. Salah satu nasabah yang mengalami kehilangan saldo, Andika (37), warga Pekanbaru. Dia menemukan saldo kosong saat akan melakukan penarikan tunai, padahal sebelumnya saldo berisi Rp 15 juta.

”Setelah dicek via buku tabungan, saldo masih ada. Pegawai bank bilang ada masalah sistem dengan sejumlah nomor rekening," kata Andika.

Saat itu, kata dia, ternyata sudah ramai nasabah yang melakukan protes karena mengalami kejadian yang sama. ”Ada yang nangis, panik, dan marah-marah ke pihak bank. Kata pihak bank ada masalah dengan IT," demikian Andika. ***

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Kasus Saldo Hilang, Bank Mandiri Akui Terjadi Error, Hanya Menimpa 10 Persen Nasabah"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww