PotretNews.com Minggu 18 Agustus 2019

Masuki Usia 235, Kota Pekanbaru Hadirkan Berbagai Kegiatan Menarik

Selasa, 25 Juni 2019 09:16 WIB
Advertorial
masuki-usia-235-kota-pekanbaru-hadirkan-berbagai-kegiatan-menarikWakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Upacara HUT ke-235 Kota Pekanbaru dan Harganas.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Ahad, 23 Juni 2019 Kota Pekanbaru genap berusia 235 tahun. Dalam dalam rangka memperingati hari jadinya, pemerintah kota (pemkot) menggelar upacara bendera.Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi menjadi inspektur upacara pada upacara yang dilaksanakan di Perkantoran Wali Kota Tenayanraya, Senin (24/6/2019).

Upacara kali ini digelar bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Kota Pekanbaru. Dalam pidatonya Ayat Cahyadi menguraikan, dalam usia Pekanbaru yang telah 235 tahun ini, jumlah penduduk di Kota Pekanbaru sudah mencapai 1,1 juta jiwa, sehingga potensi permasalahan sosial banyak terjadi dan harus dibenahi.

"Harusnya, upacara HUT Pekanbaru ini kita gelar kemarin pagi, sebelum Rapat Paripurna di DPRD Pekanbaru. Tetapi kita gelar hari ini agar bersamaan dengan peringatan Harganas, supaya lebih maksimal," ucap Ayat Cahyadi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02072019/potretnewscom_cmpzh_1606.jpgWakil Wali Kota Ayat Cahyadi (tengah) dan sejumlah pejabat Pemkot Pekanbaru ziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru di Masjid Raya Senapelan, Ahad (23/6/2019).

Menurut wakil wali kota, di usia sekarang, penduduk Pekanbaru mencapai 1,1 juta jiwa, dan kita sudah menjadi kota yang besar. Konsekuensinya, tentu banyak permasalahan sosial seperti gelandangan dan pengemis (gepeng), meskipun bukan semuanya warga kita tetapi harus dibenahi.

Pada kesempatan yang sama, wakil wali kota juga menyinggung permasalahan banjir dan jalan rusak yang saat ini tengah menjadi keluhan masyarakat. Oleh karena itu, Ayat Cahyadi memerintahkan kepada kepala OPD terkait untuk segera menyusun proposal kegiatan, mengingat tahun ini akan ada APBD perubahan.

”Kita juga punya permasalahan lain, seperti jalan rusak dan banjir. Kalau hujan satu jam saja, beberapa daerah rawan banjir. Maka saya sudah perintahkan kepala dinas terkait, mengingat kita mau mengubah anggaran, agar segera dibuatkan proposal kegiatannya," katanya.

Ads
https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02072019/potretnewscom_ppuhf_1605.jpgWakil Wali Kota Ayat Cahyadi menyampaikan pidato saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-235 Pekanbaru di Perkantoran Wali Kota Tenayanraya, Senin (24/6/2019).

Sementara itu, sempena perayaan HUT ke-235 Pekanbaru tahun ini, Pemkot Pekanbaru juga menyuguhkan beragam kegiatan menarik yang melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi. Kegiatan-kegiatan tersebut sudah dimulai sejak 16 Juni dan akan berakhir pada puncaknya di 30 Juni 2019.

Dimulai dari gerak jalan sehat bersama Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan jajaran pejabat pada 16 Juni 2019 di Kecamatan Tampan. Kemudian, masyarakat juga diajak untuk bersih-bersih Sungai Siak dan pembagian bibit pohon secara gratis pada 20 Juni, dan ajang dragon boat yang pada 23 Juni.

Selanjutnya, tanggal 23 Juni kemarin, Pemkot Pekanbaru dalam hal ini Ayat Cahyadi dan sejumlah pejabat teras melakukan ziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru di Masjid Raya Senapelan. Setelah itu, mengikuti rapat Paripurna HUT Ke-235 Pekanbaru di Gedung DPRD

Kemudian untuk acara puncak, Pemkot Pekanbaru akan menaja Pekanbaru Run 235, yaitu lomba lari untuk jarak 2 Km, 3 Km, dan 5 Km, pada tanggal 30 Juni di pagi hari.

Menurut Ketua Panitia HUT Pekanbaru 235 Zulhelmi Arifin, acara puncak HUT ke-235 Pekanbaru digelar di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani. Di lokasi ini, Pemko Pekanbaru akan menggelar festival kuliner yang bertemakan ”Taman Kopi” pada malam hari.

"Pagi tanggal 30 kita adakan Pekanbaru Run 235. Yaitu pertandingan untuk 2 Km, 3 Km, dan 5 Km. Kemudian kita juga adakan festival kuliner, dengan tema ’Taman Kopi’," ujarnya.

Dia menyebut, pihaknya sudah menyampaikan kepada barista - barista yang ada di Pekanbaru, juga yang punya usaha kopi - kopi legend, agar membuka standnya langsung di Jalan Ahmad Yani. Sehingga masyarakat pecinta kopi bisa datang ke Pekanbaru untuk menikmati kopi.

Adapun seluruh pembiayaan acara yang digelar dalam rangka HUT Pekanbaru ini, menurutnya tidak dibebankan kepada APBD. Seluruh biaya dikumpulkan dari sumbangan dan partisipasi perusahaan daerah.

"Kita tidak ada menggunakan APBD. Semua murni dari partisipasi perusahaan di Pekanbaru," tandasnya. (Adv)

wwwwww