Lewat Pelatihan, Dosen Faperta Unilak Ajak Generasi Muda Jadi Pengusaha

Lewat Pelatihan, Dosen Faperta Unilak Ajak Generasi Muda Jadi Pengusaha

Sri Utami Lestari bersama peserta pelatihan.

Kamis, 31 Januari 2019 17:18 WIB
Rifal Rafigali

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dosen Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau, Sri Utami Lestari SP MSi mengajak generasi muda untuk menjadi pengusaha.

Ajakan itu disampaikannya saat mengadakan pelatihan kepada anak-anak muda di Kelurahan Umban Sari dengan tema Kegiatan Iptek bagi Entreprenuer Muda Crispi Bayam Zakiyyah.

Pelatihan ini dimulai awal Januari lalu hingga pendampingan sampai April 2019 yang merupakan bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Sri Utami yang juga Wakil Dekan III Faperta menjelaskan, kegiatan pelatihan dan pendampingan diikuti 25 orang entreprenuer muda dengan materi; cara pengemasan produk bayam, mendesain kemasan agar menjadi lebih menarik, simpel, memiliki daya tarik dan memikat pembeli.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/31012019/potretnewscom_9expc_1451.jpg

”Selama kita memberikan pelatihan ternyata terdapat kendala yaitu ketersediaan anggaran/dana sehingga membatasi kreativitas anak anak muda terutama di produk crispy bayam sehingga berpengaruh terhadap peningkatan penjualan/pemasaran produk,” sebut Sri Utami.

Menurut dia, crispy bayam sangat enak rasanya, karena perpaduan tepung dan daun bayam pilihan. Sri yakin, karena kelezatannya, pascapelatihan hal ini dapat meningkatkan penjualan.

”Kemasan sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Dari pelatihan ini muarannya kita harap adanya peningkatan penjualan produk crispy bayam,” tuturnya.

Sri Utami memastikan, anak-anak muda yang dilatih ini akan terus diberikan pendampingan sampai 3 bulan ke depan agar dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan crispy bayam sehingga mampu menambah penghasilan.

Sementara itu salah satu peserta Elva saat ditemui menyebutkan dirinya sangat antusias dan berterima kasih dengan adanya pelatihan, pendampingan, dan bantuan paket teknologi produksi. ”Sangat memotivasi untuk terus meningkatkan usaha saya,” ujarnya. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww