Home > Berita > Umum

Mahasiswa Unilak Peduli Pendidikan Gelar Aksi Sosial di Kampar Kiri Hulu

Mahasiswa Unilak Peduli Pendidikan Gelar Aksi Sosial di Kampar Kiri Hulu

SD Marginal yang dikunjungi Mahasiswa Unilak Peduli Pendidikan di Kampar Kiri Hulu.

Kamis, 17 Mei 2018 14:32 WIB
Muhamad Maulana
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sekumpulan mahasiswa Universitas Lancang Kuning (Unilak), Pekanbaru, Riau, yang tergabung dalam kelompok Unilak Peduli Pendidikan mengadakan kegiatan sosial di Desa Batusasak, Dusun Sialangharapan Kampar kiri Hulu, Kabupaten Kampar, awal Mei lalu. Kegiatan yang didukung oleh Rektor Unilak Dr Hj Hasnati SH MH dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr Eddy Asnawi SH MHum berdedikasi untuk peningkatan kualitas dan pelayanan pendidikan, pada tahun ini fokus di sebuah sekolah dasar (SD) yang sedang dalam kondisi memprihatinkan.

Menurut Ketua Unilak Peduli Pendidikan Rio Arnaldy, Unilak Peduli Pendidikan kali ini bertujuan untuk membantu SD Marginal yang berlokasi di Dusun Sialangharapan, Desa Batusasak, Kampar Kiri Hulu, Riau. Kondisi institusi pendidikan yang tidak layak.

”Selama di sana tim mahasiswa Unilak menemukan bahwa SD Marginal memiliki tenaga pengajar yang berjumlah 1 orang, dan Desa Batusasak tidak memiliki listrik, pompa air, dan yang paling memprihatinkan, tak ada jembatan penghubung antara Desa Batusasak dan Dusun Sialangharapan sehingga anak-anak terpaksa berjalan kaki menyeberangi sungai yang deras apabila sedang dangkal, namun bila air sungai pasang maka mereka menggunakan rakit hanya demi mendapatkan ilmu dari satu guru yang bernama Rosel," papar Rio menjawab wartawan, baru-baru ini.

Dia menambahkan, pada Maret lalu komunitasnya mengadakan penggalangan dana di seluruh fakultas Universitas Lancang Kuning. Hasil penggalangan dana kemudian dikumpulkan dan disumbangkan untuk menolong anak-anak SD Marginal. Ada buku, tas, pakaian, dan alat tulis yang kita berikan kepada anak anak di sana, dan mereka senang mendapatkan bantuan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur baik di Unilak maupun masyarakat yang telah ikut menyumbang," tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Unilak Peduli Pendidikan, Laura Cindy Zhania, mengatakan, terdapat 10 relawan mahasiswa Unilak selama tiga hari, sejak 4- 6 Mei yang berangkat ke Desa Batu Sasak dengan tujuan untuk memberikan bantuan berupa buku dan meresmikan perpustakaan SD Marginal.

"Butuh waktu 8 jam ke lokasi, dan tidak ada lampu penerangan di sepanjang perjalanan. Kami harus mengelilingi bukit, melewati jalan di pinggir jurang yang dalam, melewati tengah-tengah hutan, jalan tanah kuning. Dan Alhamdulillah selama di sana tim selamat dan balik ke kampus dalam keadaan sehat," ujar Cindy. ***

Kategori : Umum, Kampar, Pekanbaru
wwwwww