Home > Berita > Umum

Sekarang Uji Kir Tidak Perlu Diketok, Ini Tanda Barunya yang Sudah Disosialisasikan di Pekanbaru

Sekarang Uji Kir Tidak Perlu Diketok, Ini Tanda Barunya yang Sudah Disosialisasikan di Pekanbaru

Ilustrasi.

Senin, 06 November 2017 08:11 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Tanda uji kir biasanya diketok pada kerangka kendaraan sewa. Namun sekarang tanda tersebut hanya perlu di-emboss.Kepala Sub Direktorat Angkutan Orang, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Syafrin Liputo mengatakan pada dasarnya uji kir wajib dilakukan oleh kendaraan sewa. Pasalnya hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan.

Nah, kini pemilik kendaraan sewa tidak perlu khawatir lagi terkait pemasangan tanda uji kir. Sebab pemasangan tanda tersebut kini dilakukan dengan cara di-emboss.

Seperti diketahui, biasanya pemasangan tanda uji kir dilakukan dengan cara diketok pada kerangka kendaraan. Sehingga membuat pemilik kendaraan khawatir dapat rusak.

"Pelaksanaan tanda uji kir angkutan online tidak dilakukan diketok tapi di-emboss. Mekanisme emboss sendiri adalah ada plat khusus untuk emboss kemudian diberi tanda dan ditempelkan pada kerangka mobil. Jadi bukan rangkanya yang diketok," kata Syafrin di Jakarta, Ahad (5/11/2017).

Lebij lanjut, ia mengatakan bahwa peraturan terkait pemasangan tanda uji kir juga telah disosialisasikan pada beberapa daerah. Sehingga diharapkan nantinya setiap daerah siap melaksanakan sistem emboss tersebut.

"Memang masih disosialisasikan ke seluruh daerah. Kemarin baru ke 4 kota, Pekanbaru, Pontianak, Bali dan Manado. Rencana besok Yogyakarta. Jadi pemerintah daerah diharapkan bisa menyiapkan plat embosnya," imbuh Syafrin dilansir potretnews.com dari detikcom.

Sementara itu, Petugas Pelaksana Dirjen Perhubungan Darat, Hindro Surahmat secara terpisah menjelaskan bahwa pemasangan tanda uji kir dengan emboss merupakan plat yang dicetak dengan model tertentu.

Hindro melanjutkan, tanda uji kir tersebut bakal dicetak dengan berisikan lambang ciri khas masing-masing dan berisikan data informasi terkait informasi pengujian kir pada transportasi.

"Di-emboss pakai alat ya lambangnya kan pakai ciri khas masing-masing. Itu akan berisikan mengenai informasi mengenai pengujiannya, seperti tanggal berapa, masa berlaku uji dan sebagainya," pungkas Hindro.

Emboss adalah suatu teknik untuk memberikan bentuk permukaan kertas menonjol. Bukan sekedar kesan menonjol, tetapi memang benar-benar menonjol. Biasa digunakan pada bentuk-bentuk tertentu dari sebuah desain undangan pernikahan. ***

Editor:
Jaka Abdillah

Kategori : Umum, Pekanbaru, Riau
wwwwww