Home > Berita > Riau

Di Pekanbaru, Warga yang Kena Operasi Zebra Diberi Hadiah

Di Pekanbaru, Warga yang Kena Operasi Zebra Diberi Hadiah

Warga yang taat diberi hadiah jam dinding. (foto: detikcom)

Kamis, 02 November 2017 16:18 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Operasi Zebra, yang dilaksanakan secara nasional, juga digelar di Pekanbaru, Provinsi Riau. Uniknya, warga yang terjaring operasi tersebut malah mendapat hadiah. Kok bisa? Kawasan Jl Sudirman, Pekanbaru, merupakan salah satu tempat digelarnya Operasi Zebra 2017 oleh Polresta Pekanbaru, Kamis (2/11/2017). Lokasi razia ini dipilih karena kawasan Pasar Pusat paling ramai kendaraan yang lalu-lalang.

Untuk hari kedua ini, dalam Operasi Zebra, banyak berkendaraan yang kena tilang. Ada 120 kendaraan roda dua dan roda empat yang disetop Polantas. Dari jumlah tersebut, ada 40 kendaraan hari ini dalam Operasi Zebra di Pekanbaru yang kena tilang.

"Kita sebenarnya mengedepankan edukasi dalam berlalu lintas. Kalaupun ada tindakan tilang 40 kendaraan, itu karena kesalahannya sangat fatal dan bahaya terjadinya kecelakaan," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto, dilansir potretnews.com dari detikcom.

Dari 40 kendaraan yang ditilang, sekitar 90 persen merupakan roda dua, sisanya roda empat. Mereka ditilang karena dianggap sudah melakukan kesalahan fatal dalam berlalu lintas.

"Mereka berkendaraan melawan arus lalu lintas serta roda dua yang tidak menggunakan helm. Ini kan sangat berbahaya dalam berkendaraan," sebut Santo, begitu sapaan akrab Kapolresta Pekanbaru itu.

Polresta Pekanbaru dalam Operasi Zebra ini, imbuh dia, lebih mengedepankan edukasi kepada masyarakat. Banyak kendaraan yang diberhentikan karena tidak melengkapi persyaratan, lalu diberi nasihat agar mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama.

"Ada 120 kendaraan kita hentikan dan hanya 40 yang kita tilang. Selebihnya kita berikan masukan agar mereka melengkapi persyaratan kendaraan. Contohnya, pakai helm harus diklik tali pengamannya. Bagi mobil, kita sarannya menggunakan sabuk pengaman," beber Santo.

Pengendara yang menabrak aturan akan dikenai sanksi tilang, tapi yang mematuhi persyaratan berlalu lintas diberi hadiah. Asyiknya, bagi pengendara yang dihentikan tapi semua persyaratan kendaraan lengkap, Polresta Pekanbaru memberikan hadiah jam dinding.

"Tadi ada beberapa pengendara yang lengkap semua persyaratannya dalam berlalu lintas, kita berikan hadiah berupa jam dinding. Ini untuk memotivasi warga agar tetap mematuhi aturan berlalu lintas," tutur Santo.

Menurut Susanto, dalam Operasi Zebra kali ini, pihaknya harus melakukan pendekatan yang humanis kepada warga. Intinya, bagaimana masyarakat menyadari akan pentingnya keselamatan berlalu lintas.

"Tilang yang kita berikan kepada pengendara upaya paling akhir. Utamanya bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar mereka mematuhi semua peraturan berlalu lintas. Kesadaran untuk tertib berlalu lintas ini yang kita harapkan untuk ke depannya," ujar Santo. ***

Editor:
Jaka Abdillah

wwwwww