Home > Berita > Riau

Sambut Tahun Baru Islam, 21 PAUD se-Kecamatan Mempura Ikut Pawai Taaruf

Sambut Tahun Baru Islam, 21 PAUD se-Kecamatan Mempura Ikut Pawai Taaruf

Anak-anak saat berjalan mengikuti pawai.

Selasa, 19 September 2017 18:44 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Sebanyak 21 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecematan Mempura Kabupaten Siak, Provinsi Riau melaksanakan pawai taaruf menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriyah. Sambil bersalawat dan menyebut asma Allah, anak-anak itu menyusuri Jalan Padat Karya, Kampung Benteng Hilir, Kecamatan Mempura. Berbagai kostum pun mereka kenakan, mulai dari pakaian adat Melayu dan pakaian Muslim sambil membawa manggar dan spanduk bertuliskan “Selamat Tahun Baru Hijriyah” 1 Muharram 1439 H. Anak-anak ini juga didampingi para guru dan orang tua. Mereka berjalan dengan penuh semangat.

Tampil polos dan kelucuan mereka di sepanjang jalan, mendapat simpati dari masyarakat. Bahkan beberapa pengguna jalan memilih berhenti untuk menyaksikan mereka. Tidak sedikit pula yang mengabadikan menggunakan kamera telepon genggam.

“Alhamdullilah kita telah mengadakan pawai untuk yang kedua kalinya. Ini merupakan syiar bagi kita agar anak-anak tahu terhadap tahun baru umat Islam,” jelas Camat Mempura OK Rendra, Selasa (19/9/2017).

Menurutnya, pawai ini menjadi bagian dari sosialisasi dan edukasi bagi siswa dan masyarakat. Sebab masyarakat lebih mengenal dengan kalender dan tahun baru masehi saja. Sedangkan tahun baru Islam jarang diperingati.

Sementara Anggota DPRD Siak Sujarwo saat mendukung kegiatan tersebut. "Kebetulan saat ini saya di Komisi I DPRD Siak yang membidangi Pendidikan, tentu sangat mendukung kegiatan yang memberikan edukasi kepada anak-anak ini," ujarnya.

Salah satu Siswa TK Pembina Nauval Rasya Arrizqy (5), dengan malu-malu mengaku sangat senang mengikuti pawai ini. Apalagi ia bersama teman-temannya bisa berjalan-jalan sambil membawa bendera kecil.

“Senang liat kawan-kawan ramai, adek Rasya pun ikut. Kata bu guru kami, ini untuk menyambut tahun baru Islam,” tuturnya polos.

Diketahui pawai ini juga diikuti Kelompok Bermain dan TK. Pawai tersebut dimulai dari jalan depan Mesjid Sultan Ismail Abdul Jalil Jalaluddin sampai ke TK Pembina kampung Benteng Hilir. ***

wwwwww