Home > Berita > Riau

Dukung Tertib Administrasi Kependudukan Terkait Pilkada 2018, Bupati Inhil Hadiri Rakor Kepala Daerah se-Riau

Kamis, 14 September 2017 06:28 WIB
Advertorial
dukung-tertib-administrasi-kependudukan-terkait-pilkada-2018-bupati-inhil-hadiri-rakor-kepalaBupati Indragiri Hilir HM Wardan dan unsur forkopimda setempat menghadiri Rapat Koordinasi Bupati /Wali Kota se-Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa (12/9/2017).
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan menegaskan Rapat Koordinasi (Rakor) Bupati/Wali Kota se-Provinsi Riau juga menyasar tentang penyediaan database kependudukan guna mendukung penyelenggaraan Pilkada tahun 2018. 
Hal ini dikemukakan oleh Bupati Inhil HM Wardan usai menghadiri Rakor Bupati/ Wali Kota se-Provinsi Riau bersama Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Selasa (12/9/2017).

Pertemuan ini, kata Wardan, dilatarbelakangi oleh posisi Provinsi Riau dalam hal tertib adminsitrasi yang masih jauh dari kata layak. Ia mengatakan, Provinsi Riau berada diurutan 28 dari 34 Provinsi di Indonesia.

"Pertemuan ini juga digelar dalam rangka mendukung tertib administrasi kependudukan. Dilihat dari angka data kepemilikan akte kelahiran, Provinsi Riau masih berada pada urutan 28 dari 34 Provinsi di Indonesia. Posisi ini masih sangat rendah. Hal inilah yang menjadi perhatian bupati/wali kota," tutur Bupati Wardan kepada wartawan.

Dalam pertemuan ini pula, dikatakan Wardan, para kepala daerah kabupaten/kota se-Provinsi Riau bersama gubernur juga membahas tentang jumlah penduduk yang melakukan perekaman KTP elektronik yang masih jauh dari angka maksimal.

"Padahal target nasional akhir Desember 2017 harus sudah mencapai angka 100 persen. Bupati/wali kota dan instansi terkait diminta melakukan langkah percepatan dan melaporkan progresnya kepada Gubernur Riau," ujar Wardan.

Selain berkoordinasi tentang persiapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2018 dan pelaksanaan tertib adminsitrasi kependudukan dan pelayanan publik, dalam pertemuan koordinatif bupati /wali kota se-Provinsi Riau ini juga membahas hal-hal yang menyangkut tentang tindak lanjut penyerahan Berita Acara Serah Terima P3D dari kabupaten/kota kepada provinsi maupun pemerintah pusat, penyelesaian permasalahan batas antarprovinsi, antarkabupaten/kota dan antarnegara serta membicarakan dukungan kabupaten/kota terhadap percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional yang dibangun di Provinsi Riau. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww