Home > Berita > Riau

Ini Saran Ampuh dari Psikolog Riau kepada Peserta Ujian Tes CPNS agar Tak Stres

Ini Saran Ampuh dari Psikolog Riau kepada Peserta Ujian Tes CPNS agar Tak Stres

Ilustrasi.

Senin, 11 September 2017 11:31 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Stres termasuk permasalahan yang sulit dihindari peserta ujian tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Memiliki harapan besar terhadi hasil seleksi, tentunya setiap pelamar bisa lulus agar bisa menjadi aparatur negara. Menurut Psikolog Riau, Violetta Hasan Noor, setiap peserta yang akan menjalani ujian, tingkat stresnya akan meningkat tinggi. Karena yang bersangkutan sangat berkeinginan untuk bisa lulus ujian.

Namun peserta ujian hendaknya bisa menguasai dan mengendalikan rasa stresnya. Caranya, peserta ujian harus selalu berfikir positif.

Seseorang yang akan melaksanakan ujian CPNS jangan menaruhkan ekspektasi yang berlebihan untuk bisa lulus.

"Karena kalau ekspektasinya terlalu berlebihan, sementara pada kenyataannya nanti yang bersangkutan tidak lulus, dikhawatirkan akan membuat yang bersangkutan depresi," katanya, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Jadi mindsetnya, kata Violeta, tes itu bukan semata-mata untuk mengejar kelulusan. Sebab jika peserta ujian itu terlalu menaruh keinginan yang berlebihan, nanti justru membuat mentalnya tidak bagus. "Jadi tanamkan dari awal bahwa seluruh rangkaian tes CPNS yang dilakukan itu adalah sebagai pengalaman," ujarnya. Terakhir, persiapan spritual.

Berdoa dan meminta restu kedua orang tua sebelum menjalankan ujian sangat membantu peserta agar lebih percaya diri dan rilek saat menjalan ujian.

Karena persiapan spritual adalah salah satu strategi untuk relaksasi bagi para peserta ujian. "Jadi persiapan spritual menjadi salah satu aspek yang bisa membantu kesiapan mental peserta ujian tes CPNS," ujarnya. ***

Editor:
Muh Amin

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww