Home > Berita > Riau

Inilah Rakit ala Joko Tingkir Milik Anggota Brimob Polda Riau yang Dirancang Khusus untuk Evakuasi Korban Banjir

Inilah Rakit ala Joko Tingkir Milik Anggota Brimob Polda Riau yang Dirancang Khusus untuk Evakuasi Korban Banjir

Rakit ala Joko Tingkir rancangan Bripka Suprayitno SH, Anggota Subden III Sus Detasemen Gegana Brimob Polda Riau. (foto: tribunnews.com)

Minggu, 27 Agustus 2017 18:53 WIB
Akham Sophian
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Cerita kehebatan dan daya tarik Joko Tingkir yang luar biasa karena pernah bertarung dan mengalahkan puluhan buaya, umumnya kita sudah tahu. Termasuk kesehariannya yang menggunakan rakit dan konon juga didorong para siluman air. Tetapi kalau hari gini, di era digital, masih ada yang merancang lalu memakai rakit mirip Joko Tingkir untuk menyelamatkan korban banjir, itu bukanlah cerita dongeng turun-temurun melainkan kisah nyata Bripka Suprayitno SH, Anggota Subden III Sus Detasemen Gegana Brimob Polda Riau.

Jika dulu orang menggunakan bambu sebagai bahan rakit, namun Bripka Suprayitno justru menggunakan bahan-bahan yang sekarang banyak dijual di toko-toko, yaitu paralon. Selain mudah mendapatkannya, paralon ini juga sangan ringan dan mudah mengapung.

Dalam pembuatan rakit ini, Bripka Suprayitno menggunakan pipa paralon ukuran 4 inchi, karena memiliki lebar yang besar sehingga udara yang tersimpan dalam lobang lebih banyak dan bisa lebih meringankan rakit. Rakit ini telah diujicobanya di Danau Buatan, Rumbai Pekanbaru. Bripka Suprayitno SH saat merangkai paralon untuk rakit.

''Dengan rakit seperti ini akan memudahkan proses evakuasi korban bila terjadi bencana banjir, saya merancang sendiri rakit untuk evakuasi dengan menggunakan pipa paralon. Biasanya untuk mengevakuasi korban banjir menggunakan perahu karet, namun saya berpikir untuk membuat rakit dengan menggunakan pipa paralon agar lebih mudah untuk mengevakuasi korban,'' kata Suprayitno, Ahad (27/8/2017).

Keunggulan rakit menggunakan paralon ini selain dari strukturnya yang ringan juga kapasitas orang dan barang yang bisa diselamatkan juga sangat banyak.

''Dengan rapat seperti ini juga bisa menyelamatkan orang menggunakan kursi roda. Di rakit ini saya siapkan rel untuk kursi roda,'' ucap dia, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Mudah-mudahan rakit seperti ini bisa dimanfaatkan oleh Polri maupun SAR untuk memberikan pertolongan kepada korban banjir. ''Jadi bukan hanya barang dan orang yang sehat saja bisa diselematkan, tapi orang rakit, tak bisa berjalan juga bisa diselamatkan,'' ujarnya. ***

wwwwww