Home > Berita > Riau

Jika Cekal Dicabut KPK, Sekdako Dumai Bisa Berangkat Kloter Terakhir ke Tanah Suci, Apa Kasus yang Menjeratnya?

Jika Cekal Dicabut KPK, Sekdako Dumai Bisa Berangkat Kloter Terakhir ke Tanah Suci, Apa Kasus yang Menjeratnya?

Sekretaris Daerah Kota Dumai H Muhammad Nasir.

Selasa, 08 Agustus 2017 07:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Muhammad Nasir batal berangkat ke Baitullah tahun ini. Padahal, dirinya bersama istri siap sudah berangkat haji lewat Embarkasi Batam, Sabtu (5/8/2017) lalu. Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkalis ini berangkat ke tanah suci bersama Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Batam.

Tapi sayang, dokumen paspor milik Nasir diduga kuat terkena cegah tangkal atau cekal Imigrasi atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Apa kasus yang menjerat Nasir hingga dicekal KPK? Menurut informasi, Nasir diperiksa terkait kasus dugaan korupsi proyek multiyears di Kabupaten Bengkalis. Sebab, Nasir baru dilantik menjadi Sekdako Dumai pada 10 Februari 2017 lalu oleh Wali Kota Dumai.

Pihak Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) Dumai membantah menyebut bahwa Nasir dan istri batal berangkat karena terkendala dokumen. "Kalau dokumen kita sudah siap semua. Sebab dari pihak Kementerian Agama secara teknis tidak ada dokumen yang kurang," terang Kepala Kanwil Kemenag Dumai, Syafwan, Senin (7/8/2017) sore.

Menurutnya, para jemaah calon haji (JCH) yang terkendala keberangkatan masih berkesempatan berangkat ke Tanah Suci. Sebab kloter terakhir berangkat pada 24 Agustus 2017 mendatang. Namun ia belum memastikan Nasir dan istri masih bisa berangkat atau tidak karena hal itu tergantung pada Imigrasi.

Nasir merupakan satu satu dari 210 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Dumai. Bahkan, ia sudah mengajukan cuti selama 40 hari untuk menunaikan rukun Islam yang kelima itu. Nasir tercatat sudah cuti sebagai Sekda Kota Dumai terhitung 3 Agustus 2017 kemarin. Selama cuti, untuk sementara tugasnya dijalankan oleh Hamdan Kamal yang menjabat sebagai Asisten I Wali Kota Dumai.

Wali Kota Dumai, Zulkifli AS menunjuk Hamdan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Dumai selama Nasir menunaikan ibadah Haji. Sebelum bertolak ke Embarkasi Batam, Muhammad Nasir menyatakan sudah mempersiapkan diri. Dirinya juga sudah menuntaskan tugasnya di Sekretariat Daerah Kota Dumai dan memastikan tidak ada pekerjaan yang menumpuk.

"Jadi sebelum berangkat, saya kerjakan dan siapkan dulu tugas yang ada," papar mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkalis ini. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Riau, Dumai, Bengkalis, Umum, Hukrim
wwwwww