Home > Berita > Riau

Lewat Vlog Pribadi, Presiden Jokowi Pamer Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Lewat <i>Vlog</i> Pribadi, Presiden Jokowi Pamer Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Presiden Jokowi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki.

Selasa, 01 Agustus 2017 15:52 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo memberikan update terkini mengenai proyek pengerjaan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km. Penjelasan disampaikan oleh Jokowi melalui Vlog pribadi miliknya. Tampak pada Vlog Jokowi, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Jokowi mengatakan, jalan tol Pekanbaru-Dumai adalah bagian dari jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan Lampung hingga Banda Aceh. Kondisi saat ini, pembebasan lahan jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah mencapai 47 persen.

"Kita ingin sambung Trans Sumatera ini dari Lampung sampai ke Aceh secepat-cepatnya. Tahun depan kita harapkan dari atas di Aceh, di barat juga akan kita mulai sehingga nanti dari Barat menuju ke Timur dan dari Timur menuju ke Barat akan segera tersambung," sebut Jokowi, Senin (31/7/2017).

Proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai digarap oleh Hutama Karya. Diakui Jokowi, pengerjaan proyek jalan tol ini lebih sulit dibandingkan jalan tol lain. Penyebabnya karena mayoritas kontur tanah di sepanjang jalan tol Pekanbaru-Dumai adalah jenis gambut dan rawa yang lembek dan butuh penanganan khusus.

"Medannya memang sangat sulit sekali. Ini ada ruas dengan tanah humus, sedalam 3 meter sehingga harus diselesaikan dengan konstruksi yang berbeda. Di seberang sana ada tanah gambut yang harus juga diselesaikan dengan konstruksi yang berbeda. Di sebelahnya nanti juga ada tanah rawa yang juga penyelesaiannya akan diselesaikan dengan kostruksi yang berbeda juga," papar Jokowi, dilansir potretnews.com dari kumparan.com.

Jokowi meminta Hutama Karya, Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR bekerja keras untuk menyelesaikan segera proyek ini tahun 2019 mendatang. "Iya Insya Allah selesai 2019," kata Jokowi.

Sementara itu, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, yang ikut mendampingi Jokowi menyambut baik pembangunan jalan tol ini. Dia berharap dengan adanya jalan tol Pekanbaru-Dumai, maka ekonomi Riau akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang.

"Ini akan mengubah wajah Riau, Pak dengan jadinya jalan tol ini. Dan mudah-mudahan Riau akan memberi kontribusi lebih banyak lagi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Karena dengan jalan tol ini akan banyak yang bisa kita buat dalam rangka meningkatkan daya saing daerah," ucap Arsyadjuliandi.

Menurut catatan Kementerian PUPR, jalan tol di Riau itu dibagi dalam enam seksi. Seksi pertama merupakan pintu tol di Kota Pekanbaru yang akan menghubungkan Pekanbaru–Minas.

Seksi II Minas-Kandis Selatan dan Seksi III dari Kandis Selatan–Kandis Utara. Seksi IV, Kandis Utara–Duri Selatan, Seksi V Duri Selatan–Duri Utara dan seksi VI dari Duri Utara menuju Dumai dengan rencana kelanjutan menuju wilayah Sumatera Utara. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

wwwwww