PotretNews.com Rabu 14 November 2018
Home > Berita > Umum

Tiga Bersaudara Andalan Jawa Barat Bakal Ikuti OSN Tingkat Nasional di Pekanbaru

Tiga Bersaudara Andalan Jawa Barat Bakal Ikuti OSN Tingkat Nasional di Pekanbaru

Dari kiri ke kanan; Glenda Emanuella Sutanto (OSN SMA bidang komputer) disusul Fernando Nathaniel Sutanto (OSN SMP bidang matematika) dan Yolanda Emanuella Sutanto (OSN SMA bidang komputer).

Kamis, 22 Juni 2017 14:52 WIB
CIREBON, POTRETNEWS.com - Tiga bersaudara pasangan Rudy Sutanto dan Linawati Buna Putra, Glenda Emanuella Sutanto, Yolanda Emanuella Sutanto dan Fernando Nathaniel Sutanto berhasil menjadi juara pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Jawa Barat.Prestasi yang diraihnya itu menyebakan ketiganya akan diikutsertakan berkompetisi pada OSN Tingkat Nasional pada 2-8 Juli 2017 mendatang di Kota Pekanbaru, Riau.

Ketiga bersaudara yang lolos tersebut menarik perhatian banyak pihak, sebab mereka satu-satunya keluarga memiliki kesempatan yang sama berkompetisi di OSN Nasional. Padahal tak mudah untuk sampai lolos ke tingkat nasional mewakili Jabar, karena tentunya harus mengalahkan pelajar lainnya.

Di OSN Pekanbaru mendatang, Glenda Emanuella Sutanto dan Yolanda Emanuella Sutanto akan mengikuti OSN SMA bidang komputer. Sementara Fernando Nathaniel Sutanto akan berkompetisi OSN SMP bidang matematika.

Ads
Ayahanda ketiga bersaudara, Rudy Sutanto mengaku senang melihat ketiga anaknya yang berhasil melaju ke OSN Tingkat Nasional. ia berharap, ketiganya bisa membawa pulang medali untuk kontingen Jabar, Kota Cirebon, khususnya Santa Maria.

"Meloloskan anak ke OSN tingkat nasional bukanlah pekerjaan yang mudah, karena diperlukan dukungan dari sekolah, orangtua, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota dan Provinsi Jabar serta kemauan anak itu sendiri," kata Rudy, Rabu (21/6/2017) dilansir potretnews.com dari fajarnews.com.

Ia mengungkapkan, bisa meloloskan ketiga anaknya sekaligus ke ajang OSN 2017 ini merupakan prestasi tersendiri bagi dirinya selaku orangtua terlebih untuk kota Cirebon.

"Mungkin ini pertama kalinya terjadi di Kota Cirebon, tiga anak bersaudara dari sekolah yang sama, yaitu Santa Maria bisa lolos diajang OSN Tingkat Nasional," tuturnya.

Untuk mempersiapkan kompetensi secara matang, Rudy meminta ketiga anaknya agar lebih rajin belajar lagi, terutama dalam mengerjakan soal-soal level OSN lima tahun terakhir untuk memudahkan kesempatan meraih prestasi.

Rudy tidak muluk-muluk menargetkan ketiga anaknya pulang bawa medali emas. Namun, Ia berharap, mereka untuk membuktikan hasil yang terbaik sesuai kemampuan dan berharap pula agar tidak terjadi gangguan nonteknis seperti sakit dan lain-lainnya.

"OSN adalah pesta pendidikan yang paling bergengsi di tanah air, layaknya perhelatan bidang olahraga yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON)," ucapnya bangga.

Ia menyebutkan, pada 2017 Kota Cirebon berhasil meloloskan 13 pelajar dari tingkat SD sampai tingkat SMA, masing-masing dua pelajar SD, lima pelajar SMP dan enam SMA.

"Dari jumlah tersebut sekolah yang terbanyak meloloskan anak didiknya ke OSN tingkat nasional 2017 dari Santa Maria dengan total tujuh anak dari tingkat SD hingga tingkat SMA," tandasnya. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Umum, Pekanbaru, Riau
wwwwww