PotretNews.com Rabu 17 Oktober 2018
Home > Berita > Umum

Tak Diduga, Kesalahan dalam Pembuatan Desain Kubah Justru Jadi Daya Tarik Mesjid Al Muhajirin Rumbai Pekanbaru karena Bentuknya Mirip Gasing

Tak Diduga, Kesalahan dalam Pembuatan Desain Kubah Justru Jadi Daya Tarik Mesjid Al Muhajirin Rumbai Pekanbaru karena Bentuknya Mirip Gasing

Mesjid Paripurna Al Muhajirin Rumbai, berlokasi di Jalan Umbansari (atas) Kecamatan Rumbai Pekanbaru.

Sabtu, 17 Juni 2017 16:31 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Mesjid Gasing jadi nama yang melekat diingatan masyarakat ketika tiba di rumah ibadah bernama Mesjid Paripurna Al Muhajirin Rumbai, berlokasi di Jalan Umbansari (atas) Kecamatan Rumbai Pekanbaru, Riau."Asal mula nama Mesjid Gasing ini dikarenakan kubah besar yang dibuat berbentuk seperti mainan gasing," kata Bendahara Mesjid Paripurna Al Muhajirin Rumbai, Toat Nasution, Jumat (16/6/2017).

Toat menjelaskan awal mula desain mesjid tidak dibuat demikian, namun saat pengerjaan terjadi kesalahan pembuatan yang membuat kubah jadi lebih gemuk dan menyerupai gasing. "Kesalahan dalam pembuatan desain kubah inilah yang menjadikan data tarik dari rumah Allah ini," ucapnya, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Menurutnya karena bentuk kubah seperti gasing ini banyak masyarakat yang penasaran dan berkunjung serta melaksanakan ibadah di masjid tersebut.

Ads
Ia mengatakan tidak jarang masjid disinggahi oleh jamaah yang berasal dari luar daerah Kecamatan Rumbai. Disampaikan selain bentuk kubah yang unik, bangunan dari masjid juga dibangun tidak lazim. Mesjid bangunan rumag ibadah ini didesain berbentuk tabung tanpa apa sudut-sudut yang menghalangi.

Toat mengatakan bentuk ini sengaja diusung agar leluasa dalam menentukan sisi mana yang mau dipakai jika melaksanakan sebuah acara. Dia mengatakan saat ini masjid memiliki daya tampung hingga 750 jamaah. Dengan kapasitas demikian masjid sangat representatif jadi pilihan tempat acara keagamaan.

Selain itu halaman parkir kendaraan juga luas disediakan. Lahan ini mampu menampung 60 unit kendaraan roda emapat dan ratusan kendaraan bermotor. Terkait fasilitas, tempat ibadah ini juga menyediakan pustaka mini sebagai sarana bagi para pengunjung menimba ilmu. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Umum, Pekanbaru, Riau
wwwwww