Home > Berita > Riau

Legislator Inhil Studi Komparatif Manajemen Perpustakaan ke Perpusnas

Sabtu, 10 Juni 2017 21:02 WIB
Advertorial
legislator-inhil-studi-komparatif-manajemen-perpustakaan-ke-perpusnasFoto bersama Anggota Komisi IV DPRD Inhil di pintu masuk Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta.
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Dalam rangka studi komparatif manajemen pengelolaan perpustakaan, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Jakarta. Kunker ini dipimpin Ketua Komisi Sumardi, Wakil Ketua Andi Rusli, Sekretaris Herwanissitas dan para anggota komisi serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Inhil, Hafitsah, Jumat (9/6/2017).

Kedatangan para wakil rakyat dari Negeri Seribu Parit ini disambut oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Muh Syarif Bando.

Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil Herwanissitas mengatakan, kunjungan kerja ini dalam rangka studi komparatif tentang manajemen pengelolaan perpustakaan sesuai dengan standar, termasuk fasilitas dan ketersediaan buku. Karena saat ini kondisi perpustakaan di Kabupaten Inhil masih sangat memprihatinkan.

”Seperti Unit Layanan Perpustakaan yang ada di kecamatan-kecamatan masih sangat minim fasilitas, kondisi ino menjadi salah satu perhatian serius kami,” sebutnya.

Dilanjutkan, selain manajemen dan fasilitas, di era teknologi digital saat ini perpustakaan yang ada di Kabupaten Inhil secara bertahap juga harus bertransformasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Karena sekarang trendnya online, semua urusan dan kebutuhan orang by online, jadi perpustakaan di Inhil juga harus bisa diakses secara online dalam bentuk e-book. Inilah salah satu tujuan kedatangan dewan asal Inhil ini ke Perpusnas.

Perpusnas adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan. (adv/dewan/suf)

wwwwww