Home > Berita > Riau

Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Inhil Tinjau Lahan Sengketa di Kecamatan Kemuning

Senin, 29 Mei 2017 06:11 WIB
Advertorial
pimpinan-dan-anggota-komisi-i-dprd-inhil-tinjau-lahan-sengketa-di-kecamatan-kemuningKetua Komisi I DPRD Indragiri Hilir HM Yusuf Said berdialog dengan Dusun Semaram Desa Sekayan, Kecamatan Kemuning, Jumat (26/5/17).
KEMUNING, POTRETNEWS.com - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau meninjau lokasi sengketa lahan antarwarga di Dusun Semaram Desa Sekayan, Kecamatan Kemuning, Jumat (26/5/17). Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Indragiri Hilir HM Yusuf Said didampingi Sekretaris Mu'amar AR, bersama dua anggota dewan yakni M Kausar dan Malian Gazali. Tampak pula aparat kepolisian, camat, kepala desa serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

”Kedatangan kami kesini untuk meninjau lokasi sengketa lahan di daerah ini, karena sebelumnya ada laporan masyarakat,” ungkap Yusuf Said.

Menurut dia, kedatangan mereka untuk mencari bahan masukan mengenai fakta sebenarnya sengketa lahan antarwarga ini. Ditegaskan, dewan akan membantu memperjuangkan aspirasi dan tuntutan hak masyarakat, kalau hal ini memang hak mereka, terutama dalam hal sengketa lahan ini.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk merespon aspirasi dan laporan masyarakat yang merasa dirugikan oleh berbagai pihak.

”Kami akan mencari fakta sebenarnya, jangan sampai masyarakat yang dirugikan dalam permasalahan ini. Kalau perlu ada mediasi, kita akan membantu menjadi fasilitator, memfasilitasi supaya ada dialog, sehingga kemudian nanti ada titik temunya,” harap politisi asal dapil 3 itu.

Ditambahkan, persoalan sengketa lahan ini perlu segera di selesaikan dan harus diambil langkah-langkah kongkrit dari pemerintah untuk melindungi warga.

Dia berharap kepada masyarakat agar tenang apa lagi saat ini tengah memasuki Bulan Suci Ramadan. "Kami berada di belakang bapak-bapak semua, kalau bapak diusir dari sini berarti berhadapan dengan kami, janganlah masyarakat ditakut-takuti," sebutnya.

Sementara itu, Hadi salah satu masyarakat meminta agar DPRD untuk melindungi masyarakatnya yang saat ini dalam kesulitan. "Kami mohon dan minta Tolong kebijaksanaan DPRD Inhil melindungi kami sebagai rakyat kecil, karena merupakan satu-satunya lahan kami untuk menghidup anak dan cucu," harap Hadi. (adv/dewan/suf)

wwwwww