PotretNews.com Selasa 11 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Seorang Wanita di Pekanbaru Ini Tak Sadar Transfer Uang Rp 22 Juta kepada Penelepon Gelap

Seorang Wanita di Pekanbaru Ini Tak Sadar Transfer Uang Rp 22 Juta kepada Penelepon Gelap

Ilustrasi.

Minggu, 16 April 2017 14:33 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Selalu waspada dan lakukan kroscek, sebelum melakukan transaksi perbankan dengan orang yang baru dikenal. Sebab, pelaku penipuan akan selalu mengincar dan memanfaatkan kelengahan. Salah ambil keputusan justru malah merugikan diri sendiri.

 Satu di antaranya, penipuan dengan iming-iming hadiah yang dilakukan lewat komunikasi melalui ponsel. Peristiwa yang dialami Siti Juwariyah (39) menjadi satu contohnya.

Korban hanya bisa melaporkan penipuan yang dialaminya, dengan kerugian mencapai Rp 22 juta. Korban justru secara tidak sadar melakukan transaksi, dengan menstransfer uang ke nomor rekening pelaku.

Berdasarkan laman tribunpekanbaru.com yang dilansir potretnews.com, kasus yang sudah dilaporkan ke Mapolresta Pekanbaru tersebut, menurut Kasubbag Humas Ipda Dodi Vivino masih dalam penyelidikan.

Menurut Dodi, dalam laporannya, Siti Juwariyah mengatakan, ia awalnya ditelepon seseorang yang tidak dikenal. Korban kemudian disebut mendapat hadiah Rp 5 juta.

Hadiah akan dikirim lewat transaksi rekening. Kemudian, pelapor diarahkan ke satu ATM untuk mengambil transfer hadiah tersebut.

"Pelapor kemudian dituntun oleh pelaku. Saat itulah, pelapor tidak sadar justru menstransferkan uang miliknya ke rekening pelaku," kata Dodi Vivino, Minggu (16/4/2017). Korban baru sadar setelah tahu saldo tabungannya berkurang mencapai puluhan juta rupiah.

"Karena itu, selalulah waspada pada orang yang memberikan informasi iming hadiah. Sebaiknya lakukan kroscek dan pastikan melakukan komunikasi dengan kawan, saudara, atau orang dekat untuk memastikan informasi tersebut," pesan Dodi Vivino. ***

Editor:
Farid Mansyur

Ads
Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum, Hukrim
wwwwww