PotretNews.com Rabu 19 September 2018

Ups! PT Gandaerah Hendana Kepergok Buang Limbah Cair PKS ke Sungai Andan Ukui Pelalawan

Ups! PT Gandaerah Hendana Kepergok Buang Limbah Cair PKS ke Sungai Andan Ukui Pelalawan

Limbah cair berwarna pekat mengalir di Sungai Andan, Ukui, Senin (2/1/2017). (foto: istimewa/goriau.com)

Senin, 02 Januari 2017 19:51 WIB
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com - Perseroan Terbatas (PT) Gandaerah Hendana, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau dipergoki warga membuang limbah ke Sungai Andan.Saat dipergoki, perusahaan tersebut membuang limbah cair pengolahan pabrik kelapa sawit (PKS) ke Sungai Andan. Warna cairan yang dikeluarkan hitam pekat dan menimbulkan aroma tidak sedap.

BACA JUGA:

. Warga Ukui Pelalawan Demo PT Gandahera Hendana, Tuntut Kembalikan Sungai yang Dialih Fungsi Jadi Parit, Ukur Ulang HGU dan CSR

Ads
"Limbah berwarna hitam pekat dan beraroma tak sedap itu dibuang dan mengalir ke Sungai Andan," kata Ketua Aliansi Masyarakat Ukui Dua (Amuda) Arry, Senin (2/1/2017), seperti dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Arry mengemukakan, pagi sekira pukul 08:00 WIB dirinya mendapat informasi bahwa PT Gandaerah Hendana membuang limbah yang berwarna hitam dan menyengat ke Sungai Andan. "Setelah kami telusuri ke aliran air, kita temukan air sungai sudah berwarna hitam pekan dan bau menyengat," imbuhnya.

Dikatakan Arry, masyarakat akan membawa persoalan tersebut ke pihak terkait, lantaran perusahaan secara serampangan telah membuang limbahnya ke sungai.

"Tentu persoalan ini akan kita bawa ke pihak terkait, agar ada sanksi tegas bagi perusahaan pembuang limbah," tegas Arry didampingi Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Ukui Dua (Ikpelmuda), Ahmad Juki.

Terkait persoalan tersebut, GoRiau.com menghubungi Humas PT Gandaerah Hendana, Hendri Yupendius Victor untuk mendapatkan keterangan. Beberapa kali dihubungi melalui ponselnya, tidak ada jawaban dari Hendri meski ponselnya dalam keadaan aktif. ***

Editor:
Farid Mansyur

Tour de Siak 2018
wwwwww