PotretNews.com Rabu 19 Desember 2018

”Angkat Tangan” Hadapi PT Indah Kiat yang Tak Kunjung Bayar Hutang Pajak Penerangan Jalan Rp28 Miliar, Pemkab Siak Melapor ke Mendagri

”Angkat Tangan” Hadapi PT Indah Kiat yang Tak Kunjung Bayar Hutang Pajak Penerangan Jalan Rp28 Miliar, Pemkab Siak Melapor ke Mendagri

Gerbang masuk PT IKPP di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Rabu, 28 Desember 2016 14:39 WIB
SIAK SRI INDRAPURA, POTRETNEWS.com - Kendati sudah berbagai upaya dilakukan Pemkab Siak sepanjang tahun 2016, namun hingga saat ini PT Indah Kiat Pulp and Paper (PT IKPP) tetap saja tidak membayar tunggakan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) non-PLN tahun 2014 sebesar Rp28 miliar lebih.BERITA TERKAIT:

. Dianggap Tak Punya Itikad Baik Lunasi Kekurangan Pajak Rp28 Miliar Lebih, Pemkab Siak Layangkan Surat Teguran untuk PT Indah Kiat

Sebelum persoalan ini diserahkan ke penegak hukum, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Siak Said Arif Fadillah akan meminta saran kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) guna menyelesaikan masalah tersebut.

"Sepertinya upaya kita selama ini tak digubris pihak PT IKPP, sesuai arahan pak bupati, kita akan meminta masukan dari Menteri Dalam Negeri untuk menyelesaikan tunggakan pajak Rp28 miliar ini," kata Arif Selasa (27/12/2016), seperti dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Terkait adanya desakan dari Anggota DPRD Siak agar Pemkab melalui DPPKAD segera meminta bantuan kejaksaan untuk menagih kekurangan pajak PT IKPP tersebut, menurut Arif, hal itu tidak serta merta langsung dilaksanakan. Sebab, masih ada upaya lain yang bisa dilakukan.

"Kita tunggu dulu arahan dari Mendagri, baru kita susun langkah berikutnya, apakah diserahkan ke penegak hukum atau ada cara lain," paparnya.

Sekadar mengingatkan, berdasarkan hasil audit BPK RI perwakilan Riau, beban PPJ non-PLN tahun 2014 PT IKPP terhitung Rp31 miliar lebih. Namun, yang dibayar ke Pemkab Siak hanya Rp1,6 miliar. Sehinga terdapat kekurangan pembayaran sebesar Rp28 miliar lebih.

Kendati Pemkab Siak sudah menegur PT IKPP secara tertulis agar segera melunasi hutang pajak itu, namun hingga surat teguran ketiga dilayangkan, tetap saja tak digubris PT IKPP. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Pemerintahan, Umum, Siak
wwwwww