Bus Milik Kemenhub Pulangkan Peserta Aksi 2-12 dari Jakarta ke Pekanbaru

Bus Milik Kemenhub Pulangkan Peserta Aksi 2-12 dari Jakarta ke Pekanbaru

Kemenhub siapkan 300 bus untuk pulangkan peserta Aksi 212. (foto: viva.co.id)

Jum'at, 02 Desember 2016 22:48 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia telah menyiapkan 300 unit bus dari Damri, PPD dan Jasa Raharja untuk digunakan sebagai angkutan para peserta aksi damai 2 Desember atau dikenal dengan sebutan Aksi 212. Bantuan ini dimaksudkan untuk massa aksi yang mengalami kesulitan mendapatkan angkutan saat kembali pulang ke daerahnya.

Saat ini sejumlah 200 unit bus telah siap di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Sedangkan sejumlah 100 unit bus cadangan siap dikerahkan bila diperlukan.

"Kita bantu mereka yang akan pulang ke daerahnya. Tadi ada yang pulang ke Lampung, Bandung, Sukabumi, Bogor, dan Serang. Saat ini sudah sekitar 50 bus yang diberangkatkan. Kita masih akan tunggu malam ini hingga besok," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai mengunjungi keberangkatan bus-bus bantuan tersebut di Silang Monas, Jumat, 2 Desember 2016.

Budi mengatakan, bus yang disiapkan juga untuk melayani peserta yang berasal dari luar Pulau Jawa, seperti ke Pekanbaru hingga Medan. "Selain disediakan bus biasa untuk jarak dekat, kita juga siapkan bus malam bisa sampai Pekanbaru sampai Medan," ujarnya seperti dikutip potretnews.com dari viva.co.id.

Tak hanya bus, Kemenhub juga menyiapkan masing-masing dua gerbong kereta api tujuan Purwokerto dan Semarang.

Sebelumnya, aksi damai 2 Desember 2016 digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Aksi yang diisi dengan doa, zikir dan salat Jumat berjamaah ini berjalan dengan tertib.

Dalam aksi ini, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta beberapa menteri Kabinet Kerja ikut salat Jumat berjamaah dengan massa aksi yang berasal dari berbagai daerah. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Peristiwa, Pekanbaru
wwwwww