PotretNews.com Minggu 28 Mei 2017
Home >  Berita >  Riau

DPRD Riau Tolak Suntikan Modal untuk Bank Riau Kepri dan Sejumlah BUMD

DPRD Riau Tolak Suntikan Modal untuk Bank Riau Kepri dan Sejumlah BUMD

Gedung megah Bank Riau Kepri di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Rabu, 30 November 2016 11:51 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menolak penambahan modal untuk seluruh badan usaha milik daerah (BUMD) di provinsi ini dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2017."Tahun 2017, penambahan modal bagi seluruh BUMD ditiadakan. Walaupun ada sejumlah BUMD yang bisa dikatakan aktif, seperti Bank Riau-Kepulauan Riau," kata Ketua Komisi C DPRD Riau, Aherson di Pekanbaru, Selasa (29/11/2016).

Menurut dia, penambahan modal itu ditolak karena masih banyak BUMD yang belum memberikan deviden untuk daerah. Oleh karena itu, kata dia, daripada menghabiskan anggaran daerah saja, lebih baik ditiadakan.

Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini masih ada sejumlah BUMD yang belum melakukan rapat umum pemegang saham (RUPS). Padahal RUPS bisa menjadi tolak ukur kinerja dan mengetahui deviden yang diberikan untuk daerah.

Ads
"Seharusnya BUMD yang belum melaksanakan RUPS untuk segera dilaksanakan. Kita harap gubernur bisa mengatasi persoalan ini," tutur politikus asal Kuansing itu seperti dikutip potretnews.com dari bisnis.com.

Hal ini berbeda saat sebelum pembahasan RAPBD di mana Komisi C DPRD Riau menyatakan dukungannya terhadap rencana penambahan modal untuk BRK Rp 300 miliar lebih. Anggota dewan, Husaimi Hamidi mengatakan, dukungan itu tidak hanya bertujuan agar BRK naik buku, tapi agar Provinsi Riau tetap memegang saham mayoritas.

Namun pada pembahasan Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2017, DPRD Riau menyayangkan tidak naikknya deviden BUMD. Bahkan pada awal pengajuan KUA-PPAS target dividennya di tahun 2017 malah turun.

"Misalnya, Bank Riau Kepri minta penambahan modal. Nah, kalau memang mereka tidak ingin menaikkan pendapatan, saya ajak kawan-kawan dewan, ketika BUMD itu minta penambahan modal, kita tolak. Ngapain dikasih," sebutnya.

Editor:
Fanny R Sanusi

loading...
Kategori : Riau, Umum, Politik
www www