PotretNews.com Sabtu 22 September 2018
Home > Berita > Riau

Besok Diresmikan Wakapolri Jadi Tipe A, Polda Riau Tambah Ribuan Personel

Besok Diresmikan Wakapolri Jadi Tipe A, Polda Riau Tambah Ribuan Personel

Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain Adinegara menggelar prosesi Cuci Pataka Tuah Sakti Ha‎mba Negeri. Kegiatan ini sekaligus peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Jum'at, 11 November 2016 19:15 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian resmi menaikkan tipe Polda Riau yang semula tipe B dan dijabat jenderal bintang satu (Brigadir Jenderal), kini dijabat jenderal bintang dua (inspektur jenderal/irjen) atau tipe A.BERITA TERKAIT:

. Polda Riau Resmi Menyandang Tipe A, Kapolri Sudah Terbitkan SK

Peresmian kenaikan tingkat Polda Riau ini selanjutnya akan dilakukan oleh Wakapolri Komjen Syafruddin, Sabtu (12/11/2016) besok.

Ads
Kapolda Riau Brigjen Zulkarnain mengatakan, sejalan dengan kenaikan status polda tersebut, pihaknya mengusulkan penambahan sekira 3 hingga 5 ribu personel kepolisian.

Hal ini guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Idealnya, kata mantan Kapolda Maluku Utara ini, satu polisi di Riau melayani 400 warga.

"Saat ini, 1 polisi di Riau melayani sekitar 650 warga. Sesuai aturan PBB, 1 polisi seharusnya melayani 400 warga. Dan personel di Polda saat ini sekitar 10 ribu lebih dan ditambah lagi sekitar 3 ribu hingga 5 ribu lagi. Itu sudah diusulkan," ujar Zulkarnain di Mapolda Riau, Kamis (10/11/2016), sebagaimana dikutip potretnews.com dari liputan6.com.

Jumlah yang diusulkan itu juga sejalan dengan upaya penguatan pengawasan perairan perbatasan Riau dan Malaysia, serta Singapura.

"Intinya penguatan Direktorat Polisi Air. Kapal patroli ditambah sehingga pengawasan air lebih maksimal," Zulkarnain menjelaskan.

Penguatan di perairan dirasa penting karena pebatasan guna menangkal transnasional crime, mulai dari penyelundupan barang kebutuhan sehari-hari sampai narkoba.

"Nanti diperkuat lagi di Meranti dan Satuan Polisi Air di seluruh kabupaten yang ada di perbatasan," kata mantan Karowasidik Bareskrim Polri ini.

Selain itu, sebagai langkah awal kenaikan tingkat Polda, Brigjen Zulkarnain menggelar prosesi cuci Pataka Tuah Sakti Ha‎mba Negeri. Kegiatan ini sekaligus peringatan Hari Pahlawan 10 November.

"Kegiatan hari ini sebagai prosesi awal naik tipe A dan syukuran bersama purnawirawan Polda Riau yang sudah berjuang meningkatkan tipe Polda Riau," kata Zulkarnain.

Dia berharap dengan naiknya tingkatnya Polda juga dibarengi dengan perubahan mental dalam melayani masyarakat. Dia memperingatkan anggotanya tidak ada lagi pungutan liar dan pemotongan hak anggota. Dia juga meminta jangan sampai ada lagi keluhan dari masyarakat setelah kenaikan tipe ini.

"Jangan sampai ada obrolan masyarakat, 'katanya naik tipe A, tapi tidak ada perubahan," tegas Zulkarnain.

Selain itu, Zulkarnain berencana memindahkan Mapolda Riau di Jalan Jenderal Sudirman ke Sekolah Kepolisian Negara (SPN) di Jalan Patimura. Pemindahan dilakukan karena mapolda yang saat ini tidak memadai lagi. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum, Peristiwa
Tour de Siak 2018
wwwwww