PotretNews.com Senin 24 September 2018
Home > Berita > Siak

Sungai Leko Meluap, Puluhan Rumah di Siak Terendam

Sungai Leko Meluap, Puluhan Rumah di Siak Terendam

Ilustrasi.

Sabtu, 05 November 2016 09:18 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Sebanyak 50 rumah di Kampung Blutu, Kabupaten Siak, Provinsi Riau terendam banjir akibat meluapnya Sungai Leko."Banjir sudah berlangsung selama empat hari. Sekarang air sudah berangsur surut, kemarin ketinggian airnya mencapai satu meter," kata Penghulu Kampung Blutu, Dakmi di Siak, Jumat (4/11/2016).

BACA JUGA:

. Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kampar Gara-gara Pintu Air PLTA Kotopanjang Dibuka

Ads
Dia mengatakan Rabu pagi (3/11/2016) Sungai Leko meluap dan merendam 50 rumah. Akibat banjir tersebut jembatan menuju Desa Blutu jebol dan kini kondisi rusak parah.

"Karena terlalu besarnya debit air mengakibatkan jembatan jebol dan rusak parah, kini kami sudah membuat jembatan darurat hingga selesai diperbaiki," ucapnya kepada antara sebagaimana dikutip potretnews.com dari republika.co.id.

Sementara itu, katanya, sebanyak 50 kepala keluarga yang berada di Desa Blutu masih memilih menetap di rumah masing-masing. "Banjir memang tidak merendam seutuhnya rumah warga dikarenakan pemukiman penduduk Blutu semuanya terbuat dari rumah panggung. Namun aktivitas warga menjadi terganggu karena air belum seutuhnya surut," paparnya.

Sementara itu, Said Irwan, Sekretaris Kecamatan Kandis, menyampaikan jika masih terjadi hujan dan banjir semakin tinggi, pihaknya akan mengungsikan warganya ke daerah lain. "Sampai tadi malam kami terus melakukan pengecekan keadaan warga. Kalau air terus naik, masyarakat kami ungsikan. Kami juga mengimbau pada anak-anak jangan main-main ke sungai," ucapnya.

Dia mengimbau orang tua untuk mengawasi anak-anaknya saat mandi-mandi di sungai selama debit air masih besar. Dia juga memperingati warga untuk tidak mengendarai motor di atas jembatan darurat. "Dengan kondisi debit air yang besar seperti saat ini kita khawatir anak-anak akan mandi-mandi di sungai. Jika tanpa pengawasan orang tua mereka bisa saja hanyut," katanya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Siak, Peristiwa
Tour de Siak 2018
wwwwww