PotretNews.com Senin 24 September 2018
Home > Berita > Riau

Polda Riau Luncurkan Aplikasi Si ProMo untuk Pantau Arus Lalu Lintas via CCTv, SIM Online, Fitur Panic Button, Termasuk Oknum yang Lakukan Pungli

Polda Riau Luncurkan Aplikasi <i>Si ProMo</i> untuk Pantau Arus Lalu Lintas via CCTv, SIM Online, Fitur <i>Panic Button</i>, Termasuk Oknum yang Lakukan Pungli

Tampilan dan beberapa fitur unggulan aplikasi Si ProMo yang dilaunching Polda Riau. (foto: goriau.com)

Sabtu, 29 Oktober 2016 09:26 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau resmi meluncurkan aplikasi berbasis tekhnologi melalui ponsel pintar. Aplikasi yang diberi nama Si ProMo tersebut memiliki banyak fitur yang bisa membantu masyarakat, mulai dari CCTv arus lalu lintas hingga tombol Panic Button.Peluncuran aplikasi ini dilakukan langsung oleh Kapolda Riau Brigjen Zulkarnain, Jumat (28/10/2016) malam tadi. Si ProMo sendiri adalah singkatan polisi profesional dan modern. Dengan aplikasi ini, masyarakat Riau dimanjakan dalam setiap urusan.

Aplikasi ini memiliki fitur antara lain pengaduan dan saran, fitur pendaftaran SIM secara online sekaligus ada simulasi latihan dan teori SIM serta bisa melihat laporan SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan) secara online.

Belum cukup di situ, aplikasi Si ProMo yang dilaunching Polda Riau ini juga punya konten unggulan, seperti informasi kondisi arus lalu lintas melalui CCTv, sehingga setiap orang dapat melihat secara langsung apakah jalan yang hendak dilaluinya macet atau tidak.

Ads
Berikutnya, Si ProMo juga bisa melihat keberadaan petugas kepolisian, lokasi-lokasi Polsek dan pelayanannya hingga konten pengaduan dan saran, sehingga masyarakat dapat melapor bila ada kekurangan, termasuk pungli (pungutan liar).

Dan yang paling diunggulkan, adalah fitur Panic Button. Ini disediakan untuk menolong masyarakat yang butuh bantuan darurat. Cukup tekan Panic Button polisi akan tiba dengan segera. Panic Button bahkan terintegrasi ke seluruh polres dan jajaran se-Polda Riau.

Panic Button ini difungsikan hanya untuk kondisi darurat, semisal terjadi kejahatan, aksi kriminalitas dan sebagainya. polisi yang menerima signal Panic Button akan melacak keberadaan si pemencetnya dan tiba ke sana.

"Ini aplikasi untuk meningkatkan pelayanan kepolisian terkhususnya berbasis IT. Semua fitur-fiturnya bisa dimanfaatkan masyarakat," kata Kapolda Riau Brigjen Zulkarnain usai launching tadi malam di salah satu mal di Pekanbaru.

"Menurut saya ini sekaligus bisa menekan pungli juga, mengurangi pertemuan antara polisi dan masyarakat. Ini ikhtiar, usaha kita bersama untuk lebih baik. Ada informasi arus lalu lintas juga, meski belum seluruhnya," tukasnya sebagaimana dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Masyarakat cukup mendownload aplikasi SiPromo tersebut di market atau playstore di ponsel pintarnya, atau unduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=dilantaspoldariau.webby.dilantaspoldariau. Di dalamnya bahkan juga berisi fitur perkembangan penyidikan terkait kasus kecelakaan lalu lintas.

Launching ini dihadiri seluruh pejabat utama Polda Riau, jajaran Direktorat Lalu Lintas dan masyarakat, yang diawali dengan perform polcil dari SD 007 Kabupaten Pelalawan, Riau dan berbagai hiburan lainnya. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Kategori : Riau, Umum, Peristiwa
Tour de Siak 2018
wwwwww