PotretNews.com Senin 21 Januari 2019

Belasan Hektar Hutan Lindung Bukitsianjung Desa Muara Selaya Kabupaten Kampar Masih Terbakar

Belasan Hektar Hutan Lindung Bukitsianjung Desa Muara Selaya Kabupaten Kampar Masih Terbakar

Kawasan Hutan Lindung Bukitsianjung yang terbakar.

Minggu, 23 Oktober 2016 17:31 WIB
BANGKINANG, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan di sebelah Baratdaya Kabupaten Kampar, Riau, masih berlangsung hingga Minggu (23/10/2016). Titik api masih bertahan di Hutan Lindung Bukit Sianjung Desa Muara Selaya Kecamatan Kampar Kiri.BACA JUGA:

. Kebakaran Lahan di Desa Rimbopanjang Kampar Kembali Terjadi

. Rimbopanjang Masih Membara, 4 Titik Api Kebakaran Hutan dan Lahan Ditemukan di Kampar

. Dibom Air Ratusan Kali, Kebakaran Hutan di Rohil Belum Juga Padam

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar, Santoso melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, M. Nasir memperkirakan, kebakaran telah menghanguskan sekitar belasan hektare kawasan Bukit Sianjung. "Ada sekira 10 hektar lebih itu yang terbakar," katanya sebagaimana dikutip potretnews.com dari tribunpekanbaru.com.

Nasir menyebutkan, pemadaman sedang dilakukan dengan water bombing dari helikopter milik PT Sinarmas. Dikatakan, dua unit helikopter bolak balik dari dan ke Perawang-lokasi kebakaran.

BACA JUGA:

. Tersangka Pembakar Hutan dan Lahan di Riau Bertambah Jadi 95 Orang
. Awas Dosa, MUI Keluarkan Fatwa Bakar Hutan Haram!
. Instruksi Kapolri: Polda se-Indonesia Tak Boleh Terbitkan SP3 Kasus Kebakaran Hutan

Menurut dia, lokasi kebakaran sangat sulit dicapai dengan jalan darat. Selain itu, sumber air pun cukup jauh dari titik api. Dikatakan, pemadaman lewat udara adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan.

Sebelumnya, kata Nasir, kebakaran juga terjadi di Kawasan Hutan Lindung Batang Ulak yang terletak antara Desa Kotalama Kecamatan Kampar Kiri Hulu dengan Desa Siabu Kecamatan Salo. Kebakaran diperkirakan menghanguskan belasan hektar lahan.

Nasir mengungkapkan, kebakaran ii merupakan yang terluas di Kawasan Hutan Produksi Terbatas dan lahan perkebunan milik warga di Desa Tanjungpermai Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Areal yang terbakar sekira 48 hektar.

Bukan itu saja, lanjut Nasir, kebakaran juga melanda Kawasan Marga Satwa Bukitrimbangbaling. Kawasan ini terbakar sekitar lebih dari 10 hektar.

Menurut Nasir, kebakaran di kawasan ini sudah berhasil dipadamkan, Sabtu (22/10/2016). "Helikopter dari Jumat (21/10/2016) melakukan water bombing sampai 67 kali," katanya. Adapun asap yang masih mengepul hingga Minggu, kata dia, hanya sisa bakaran. *** #Semua Berita Kabupaten Kampar Klik di Sini

Editor:
Wawan Setiawan

wwwwww