Kebakaran Lahan di Desa Rimbopanjang Kampar Kembali Terjadi

Kebakaran Lahan di Desa Rimbopanjang Kampar Kembali Terjadi

Kebakaran lahan di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. (foto: detik.com)

Kamis, 06 Oktober 2016 21:26 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan sudah diterjunkan ke lapangan. Kebakaran ini tepatnya di Desa Rimbopanjang yang berada di jalan lintas Pekanbaru-Kampar. Kawasan yang terbakar saat ini merupakan kawasan yang memang selalu terbakar saban tahun. Lahan gambut ini hanya ditumbuhi semak belukar yang memang rawan akan kebakaran.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi mengatakan, kebakaran lahan ini diperkirakan sejak pagi. Kebakaran awalnya sekitar 2 hektar yang selanjutnya merembet.

"Cuaca hari ini cukup panas, sehingga api cepat menyambar. Awalnya hanya dua hektar saja," kata Edy seperti dilansir detik.com.

Namun demikian, lanjut Edy, tim Satgas Darat terdiri TNI/Polri dan masyarakat peduli api sejak siang hingga sore hari sudah berjibaku melakukan pemadaman.

Di samping itu, tim Satgas Darat juga meminta bantuan Satgas Udara untuk melakukan water bombing di lokasi. "Tim Satgas Darat melakukan pemadaman dengan memanfaatkan sumur-sumur bor yang sudah dibuat tim sebelumnya," katanya.

Ditambahkan Edy, Tim Satgas Darat masih melakukan pendinginan di lokasi dengan pompa air. Pendinginan ini sangat diperlukan agar kobaran api tidak muncul lagi. Terlebih lagi, kawasan yang terbakar ada lahan gambut. Sehingga pendinginan dengan menyemprotkan air harus tetap dilakukan.

"Alhamdulilah, sore tadi sudah bisa terkendali. Namun demikian pendinginan di lokasi tetap dilakukan," ujar Edy. ***

Editor:
Wawan Setiawan

wwwwww