Home > Berita > Riau

Kurang Yakin pada Rumah Sakit Lokal, Warga Riau Habiskan Rp500 Miliar Berobat ke Malaysia dan Singapura

Kurang Yakin pada Rumah Sakit Lokal, Warga Riau Habiskan Rp500 Miliar Berobat ke Malaysia dan Singapura

Ilustrasi.

Minggu, 02 Oktober 2016 19:50 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, ribuan masyarakat Riau setiap tahun berobat ke Malaysia dan Singapura. Menurutnya, tidak kurang dari Rp500 miliar warga Riau menghabiskan uang untuk keperluan berobat di negeri jiran daripada di daerahnya sendiri. "Tingginya minat warga untuk berobat ke luar negeri disebabkan sejumlah alasan," katanya, Minggu (2/10/2016).

Pertama adalah faktor geografis yang terbilang dekat dengan negeri jiran tersebut. Masyarakat Riau lebih memilih ke Malaysia dan Singapura dibanding mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah sakit besar di Pulau Jawa karena terpaut jarak yang cukup jauh.

Kemudian rumah sakit di negeri jiran itu juga gencar melakukan promosi di Riau serta alasan pelayanan. Mayoritas masyarakat Riau menilai bahwa dari segi pelayanan rumah sakit di Malaysia maupun Singapura lebih baik dibanding di Riau.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F Moeloek mengatakan, masyarakat tetap memilih ke luar negeri untuk berobat karena paradigma yang tercipta adalah di luar negeri selalu lebih baik dibanding di Indonesia sendiri.

Untuk itu, ia mengatakan alangkah baiknya jika opini yang terbentuk bahwa rumah sakit di luar negeri itu bisa dicontoh oleh Indonesia sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Dokter kita terampil, peralatan cukup canggih. Tapi kadang kita lupa empati kita untuk melayani pasien dengan sebaik-baiknya. Utamakan pelayanan dan keselamatan pasien jadi nomor satu," pinta Menteri Kesehatan. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Netralnews.com

Kategori : Riau, Umum
wwwwww