Home > Berita > Riau

Riau Go IT Atasi Kesenjangan Digital Desa dan Kota: Kehadiran Pemprov Riau di Tengah Rakyat, Kini Telah Nyata

Kamis, 29 September 2016 16:28 WIB
Advertorial
iriau-go-iti-atasi-kesenjangan-digital-desa-dan-kota-kehadiran-pemprov-riau-di-tengah-rakyat-kiniIlustrasi/Warga desa mengakses internet.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memandang penting perlunya untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan dan komunikasi pemerintah kepada rakyat. Untuk mewujudkan harapan itu, pemerintah harus hadir dan ada saat rakyat memerlukan, cepat dan responsif terhadap masalah yang dihadapi masyarakat. Fungsi dan produktivitas kelembagaan pemerintah daerah pemanfaatan teknologi informasi (IT).

Sebagai bentuk keseriusan Pemprov Riau terhadap pemanfaatan IT, pada hari jadi ke-59, Riau pun mengusung tema ”Bersempena Hari Jadi Provinsi Riau, Kita Tingkatkan Kinerja Pemerintahan Daerah Terhadap Pelayanan Publik Melalui Penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Teknologi.”

Selaras dengan itu, pada waktu yang sama juga diluncurkan tagline atau jargon Riau Go IT. Menurut Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA, itu semua sebagai wujud nyata komitmen mendekatkan kehadiran dan layanan pemerintah kepada rakyat.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/17102016/potretnewscom_9pwzy_608.jpg
Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA.

”Oleh karena itu, pada hari ini secara resmi Pemerintah Provinsi Riau melaunching Sistem Informasi dan Layanan Publik berbasiskan elektronik e-government. Program ini selain dimaksudkan mendekatkan informasi dan layanan pada masyarakat, juga untuk adanya transparansi dan keterbukaan penyelenggaraan pemerintahan khususnya Pemerintah Provinsi Riau," kata gubenur dalam pidato sambutannya saat upacara HUT Riau, belum lama ini.

Kemudian, untuk mendukung program e-government tersebut, Pemerintah Provinsi Riau dengan Bank BRI menandatangani kerja sama optimalisasi BRI-sat. Melalui kerja sama ini, diharapkan implementasi e-government akan lebih cepat dan memberikan kemudahan masyarakat mengakses informasi maupun layanan pemerintah.

Menurut gubernur, kerja sama BRI-sat ini direncanakan menjangkau ke pedesaan. Di setiap BRI Unit yang ada di desa-desa akan dibuat Laman Teknologi, antara lain masyarakat nantinya dapat menggunakan akses internet secara gratis. Dengan kemudahan akses internet ini, masyarakat akan semakin mudah mendapatkan informasi dan memanfaatkannya secara positif.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/17102016/potretnewscom_vee5n_609.jpg
Ilustrasi Riau Go IT untuk transparansi.

Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu menyebut, program ini sekaligus sebagai wujud dukungan pelaksaanaan butir 3 Nawacita, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, selain alokasi dana desa yang telah dianggarkan beberapa tahun terakhir.

Prioritas ini, imbuh suami Hj Sisilita itu, selain sebagai tugas pemerintah, juga merupakan solusi mengatasi kesenjangan pembangunan antar wilayah. Untuk itu, pemerintah kabupaten/kota harus secara intensif melakukan pengawasan dan pendampingan, sehingga dana yang dialokasikan efektif dan efisien serta tidak disalahgunakan.

Andi Rachman menegaskan, hanya dengan memperbaiki kualitas layanan kepada stakeholders, meningkatkan produktivitas dalam kehidupan bernegara, memperkuat kendali, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, suatu lembaga pemerintah dapat mewujudkan secara nyata konsep good governance dan clean government. (adv)

Narasi:
Redaksi potretnews.com

Foto-foto:
Berbagai sumber/istimewa

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww