Home > Berita > Rohil

Dukung Program Bank Sampah, Pemkab Rohil Beri Bantuan Mesin Pencacah

Kamis, 22 September 2016 07:15 WIB
Advertorial
dukung-program-bank-sampah-pemkab-rohil-beri-bantuan-mesin-pencacahKepala Bappedalda Rohil Sukma Alfalah memberikan secara simbolis mesin pencacah plastik kepada beberapa bank sampah di daerah itu, beberapa waktu lalu.
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Empat bank sampah yang ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau memperoleh bantuan mesin pencacah plastic dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) setempat. Alat yang diserahkan kepada bank sampah ini untuk mengelola sampah plastik rumah tangga menjadi butiran plastik bernilai ekonomis sesuai program 3R.

Terakhir, bantuan mesin pencacah plastik itu akan diserahkan kepada Bank Sampah Al Fahri Pimpinan Mulyadi di Kelurahan/Kecamatan Balaijaya. Melalui bantuan tersebut, diharapkan dapat mendorong semangat dalam mengembangkan bank sampah yang ada di Rohil.

Kepala Bappedalda Rohil Drs Sukma Alfalah MSi didampingi Kepala Sub Bidang Pemulihan Lingkungan Hidup Bappedalda H Khoirul Amri ST mengemukakan, bantuan empat mesin pencacah plastik itu untuk mendukung penerapan sistem 3R dalam pengelolaan sampah dirumah tangga.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092016/potretnewscom_2xdsb_581.jpg
Penyerahan mesin pencacah plastik kepada bank sampah di Kabupaten Rokan Hilir, beberapa waktu lalu.

''Tiga R yang kita maksud yakni Reduce adalah untuk mengurangi sampah dengan mengurangi pemakaian barang atau benda yang tidak terlalu kita butuhkan. Kemudian R disebut Reuse adalah untuk memakai dan memanfaatkan kembali barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang baru. R berikutnya Recycle atau mendaur ulang kembali barang lama menjadi barang baru,” katanya.

Rinciannya, kata Khairul, Beppedalda membagikan empat mesin pencacah plastik kepada Bank Sampah Berseri.com Bagansinembah Raya pimpinan Ahmad Fatah, Bank Sampah Barokah Mukti Jaya Kecamatan Rimbamelintang Pimpinan Tarminem, Bank Sampah Tanisehat.com Lenggadai Hulu Kecamatan Rimba Melintang pimpinan Tomiri dan terakhir Bank Sampah Al Fahri Kelurahan/Kecamatan Balaijaya Pimpinan Mulyadi.

Dijelaskan Khairul, dari pengolahan plastik rumah tangga menjadi butiran plastik para anggota bank sampah yang diuntungkan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092016/potretnewscom_zqe4v_582.jpg
Penyerahan mesin pencacah plastik kepada bank sampah di Kabupaten Rokan Hilir, beberapa waktu lalu.

''Butiran plastik itu bisa dijual dan tentunya oleh pengelola bank sampah yang bahan bakunya didapat dari anggota. Dengan begitu, anggota juga diuntungkan karena semakin giat mengumpulkan sampah plastik rumah tangga untuk dijual di bank sampah,'' papar Khairul.

Belakangan, imbuhnya, anggota dari empat bank sampah tersebut telah pula memiliki rekening, jadi setiap anggota yang menjual sampah rumah tangganya, pihak Bank Sampah tidak membayarnya secara tunai, melainkan hasil jual sampah dibukukan pengurus bank sampah ke rekening anggota dan uangnya bisa diambil kapan saja. (adv/pemkab)

Kategori : Rohil, Umum, Pemerintahan
wwwwww