Pilkada Pekanbaru Berpotensi ”Head to Head” Firdaus-Ayat Cahyadi Vs Ramli Walid-Irvan Herman, Berikut Peta Dukungan Parpol

Pilkada Pekanbaru Berpotensi ”Head to Head” Firdaus-Ayat Cahyadi Vs Ramli Walid-Irvan Herman, Berikut Peta Dukungan Parpol

Ilustrasi/Pasangan Firdaus-Ayat (kiri) dan Ramli Walid-Irvan. (foto: riausky.com)

Sabtu, 17 September 2016 03:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru kian mengerucut. Jika tak ada ”tsunami” politik, hampir dapat dipastikan, hanya ada dua pasangan calon yang akan bertarung memperebutkan kursi kepala daerah/wakil kepala daerah, yakni pasangan incumbent Firdaus-Ayat Cahyadi dan Ramli Walid-Irvan Herman. Bentuk koalisi tersebut terlihat dari peta dukungan partai yang langsung terbentuk dalam hitungan jam setelah Partai Demokrat menyatakan mendukung penuh pencalonan Firdaus-Ayat Cahyadi.

Pasangan Firdaus-Ayat Cahyadi diusung oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Gerindra serta diperkirakan juga akan bertambah dengan dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Adapun pasangan Ramli Walid-Irvan Herman diusung oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Sementara Hanura dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih menunggu arah pusat.

Pasangan Firdaus-Ayat Cahyadi sendiri, Rabu (14/9/2019) sudah mendapatkan mandat resmi tertulis dari Partai Demokrat untuk bertarung pada pilkada tahun depan yang memastikan koaliasi jilid II Demokrat-PKS untuk Pekanbaru.

Sementara Partai Gerindra, sebagaimana diungkapkan Sekjen DPP Ahmad Mujani, juga tinggal selangkah lagi menjatuhkan pilihan pada Firdaus. Hanya saja, tentang wakil, Gerindra sendiri belum memberikan lampu hijau untuk Ayat Cahyadi. Kekuatan lain yang diperkirakan akan merapat ke kubu Firdaus-Ayat diperkirakan adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.


Adapun Ramli Walid juga sudah mendapatkan dukungan resmi dari Partai Golkar pada Kamis (15/9/2016) malam di Sekretariat DPD I partai Golkar di Jalan Diponegoro Pekanbaru. Kemudian, pasangan Ramli Walid-Irvan Herman juga sudah mendapatkan dukungan tertulis dari PAN, Partai Nasdem, dan PKB. Partai Hanura diperkirakan bergabung ke koalisi ini, termasuk juga PPP.

Adapun untuk calon-calon perseorangan juga dipastikan tidak akan ada yang akan lolos bersaing mengingat hasil Pleno KPU Pekanbaru sudah memutuskan tidak ada satu pun dari pasangan calon independen yang dinyatakan lolos verifikasi untuk mengikuti kontestasi pilkada di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

Terpisah, pemerhati politik lokal, Khusaini, yang pernah menjabat Sekretaris Umum HMI Cabang Pekanbaru, memperkirakan Pilkada Pekanbaru tahun 2017 akan berlangsung seru dan menarik karena jika hanya diikuti dua pasangan calon.

”Kita akan sama-sama menyaksikan apakah gabungan kekuatan Rusli Zainal (mantan Gubernur Riau/bekas atasan Ramli Walid), Herman Abdullah (bekas Wali Kota Pekanbaru/ayah Irvan) dan Andi Rachman (gubernur sekarang/Ketua DPD I partai Golkar Riau) yang terepresentasi pada pasangan Ramli Walid-Irvan, bisa menggusur duet Firdaus-Ayat dari Balai Kota Pekanbaru,” ujarnya. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Riausky.com/Berbagai sumber

Kategori : Pekanbaru, Politik
wwwwww