Kendati Diguyur Hujan, Ribuan Anak Kota Pekanbaru Bersemangat Ikuti Pawai Obor Malam Takbir Idul Adha

Kendati Diguyur Hujan, Ribuan Anak Kota Pekanbaru Bersemangat Ikuti Pawai Obor Malam Takbir Idul Adha

Pawai obor yang dimeriahkan anak-anak RW023, Tenayanraya, Kota Pekanbaru, Minggu malam. (foto: goriau.com)

Minggu, 11 September 2016 23:42 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Warga Pekanbaru, Provinsi Riau, Minggu (11/9/2016) malam tumpah ruah ke jalan-jalan, untuk memeriahkan pawai takbiran Idul Adha 1437 H yang jatuh pada esok hari (Senin, red). Sejumlah ruas jalan protokol pun dialihkan sementara. Pengalihan itu dilakukan agar pengendara lainnya tidak terjebak kemacetan. Polisi juga membuat rute pawai, dengan titik konsentrasi acara bertempat di Jalan Gajah Mada, Kota Pekanbaru. Meski kondisi berangin, masyarakat tetap antusias memeriahkan malam takbiran.

Salah satu yang menarik adalah tradisi pawai obor, seperti yang dilakukan di Kompleks Bukit Mutiara Permai, RW 023, Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayanraya. Ratusan anak-anak berkumpul, masing-masing memegang obor. Semuanya tampak bergembira.

"Kita pawai kecil-kecilan saja. Bapak-bapak buat obor, anak-anak yang memeriahkan. Ada seratusan (anak, red) yang ikut. Keliling komplek terus ke luar ke jalan besar," ungkap Ketua RW 023, Bayu Irawan di sela-sela kemeriahan pawai itu.

Anak-anak ini bahkan rela antre untuk menunggu jatah obor. Semuanya berbaris rapi. Tercermin kehangatan dan kesederhanaan di malam takbiran Idul Adha tersebut. Tak lupa, mereka bersahut-sahutan memanjatkan kebesaran Allah Swt.

Agar semakin meriah, pawai ini juga menggunakan pengeras suara dengan diiringi musik bernuansa Islami. Itu membuat malam takbiran kian terasa luar biasa. Mereka bahkan sempat kehujanan, namun itu tidak mengurangi kebahagiaan anak-anak tersebut.

Untuk hari H besok, Polresta Pekanbaru menyiagakan sekitar 575 personel yang disebar di 252 titik pelaksanaan salat, dan 11 lokasi besar akan diamankan oleh 303 personel, dan sisanya dikondisikan langsung oleh para kapolsek di wilayah masing-masing.

"Tugas pengamanan baru akan selesai setelah pembagian daging selesai. Kita optimalkan pengamanan di setiap titik aktivitas masyarakat dan tempat-tempat yang rawan tindak kriminal," ujar Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Toni Hermawan. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
wwwwww