Gajah yang Terperosok ke Kanal HTI Arara Abadi Akhirnya Mati

Gajah yang Terperosok ke Kanal HTI Arara Abadi Akhirnya Mati

Seekor gajah liar yang sakit terperosok di kanal dalam lokasi HTI PT Arara Abadi, akhirnya mati.

Kamis, 08 September 2016 19:34 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seeokor gajah Sumatera ditemukan mati di sebuah kanal hutan tanaman industri (HTI) PT Arara Abadi di kilometer 44 Tasikserai, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. Satwa itu diduga kuat mati setelah terjebak di kanal HTI milik anak usaha Sinar Mas Grup itu selama dua hari. "Gajah tersebut berjenis kelamin betina. Saat ini kondisi gajah tersebut sudah mati karena tidak mendapat pertolongan. Gajah itu terperosok di konsesi Arara Abadi," kata Ketua Himpunan Pencinta Alam (Hipam) Duri-Bengkalis, Zulhusni, Kamis (08/9/2016).

Menurutnya, gajah dewasa itu mati karena luka di tubuhnya dan kesulitan bergerak karena terjebak dalam kubangan besar. Karena tidak ada pertolongan kondisinya terus memburuk dan mati.

Zulhusni mengatakan, gajah tersebut berasal dari Suaka Margasatwa (SM) Balairaja yang kini sudah kritis karena menjadi perkebunan sawit dan HTI perusahaan.

"Gajah tersebut tertinggal dari kelompoknya. Gajah yang mati itu berasal dari SM Balairaja. Karena habitat rusak, gajah di SM Balairaja berkeliaran ke mana-mana," imbuhnya.

Saat ini bangkai gajah tersebut sudah diangkat dari kanal berlumpur yang cukup dalam.

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
Okezone.com

wwwwww