Waduh, Ada Apotek Tak Berizin di Pekanbaru Jual Serum Palsu

Waduh, Ada Apotek Tak Berizin di Pekanbaru Jual Serum Palsu

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Toni Hermawan menunjukkan serum palsu yang disita dari dua orang tersangka.

Jum'at, 05 Agustus 2016 07:16 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com -Meski sudah berganti nama dari Apotek Sail ke Apotek Lekong Satreskrim Polresta Pekanbaru memastikan apotek di Jalan Hang Tuah, Kecamatan Lima Puluh,Pekanbaru Provinsi Riau yang digeledah terkait temuan serum palsu, Rabu (3/8/2016) kemarin, tidak memiliki izin. Kepastian tersebut ditegaskan Kasatreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Arianto, Kamis (4/8/2016). "Kita sudah pertanyakan izin usaha apotek. Namun tidak bisa ditunjukkan," kata Bimo.

Ketegasan tersebut setali tiga uang dengan penetapan tersangka pada pemiliknya yang bernisial A. Tentu saja bukti konkret lainnya adalah temuan serum antibisa ular dan antitetanus dari apotek tersebut.

A ditetapkan tersangka setelah polisi menggeledangnya pasca-penggeledahan Rabu kemarin. Lima kardus berisi serum dan obat-obatan yang sudah kedaluwarsa juga disita.

Apotek juga ditutup dan diberikan garis polisi. "Jadi sudah ada tiga tersangka dari temuan serum palsu. Nanti akan ada tersangka baru. Nanti akan dilakukan pengembangan, " terang Bimo.

Terkuaknya serum palsu berawal dari temuan dari BPOMPekanbaru. Dua serum yang diduga palsu masing-masing serum anti tetanus dan anti bisa ular. Keduanya kemudian diperiksa dan dipastikan palsu.

Dari dasar itulah Polresta Pekanbaru kemudian melakukan penyelidikan. Polsek Rumbai memulainya dengan meringkus dua orang lelaki yang menawarkan serum serupa.

Polisi melakukan pancingan dengan berpura-pura membeli. Hasilnya disita 200 ampul serum dalam 20 kotak. Dari pengungkapan tersebut kemudian dilakukan pegembangan. Apotek yang berlokasi di Jalan Hang Tuah menjadi sasaran penggeledahan. Sebab, polisi mendapati titik terang bahwa di salah satu apotek serum-serum tersebut kemudian didistribusikan ke lokasi lain. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Tribunpekanbaru.com

wwwwww