Home > Berita > Riau

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ahmad Hijazi, Putra Inhil yang Berhasil Duduki Kursi Sekdaprov Riau

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ahmad Hijazi, Putra Inhil yang Berhasil Duduki Kursi Sekdaprov Riau

H Ahmad Hijazi SE MSi.

Sabtu, 30 Juli 2016 09:36 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Haji Ahmad Hijazi SE MSi, pria kelahiran Indragiri Hilir (Inhil) pada 27 September 1967 ini terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau melalui seleksi terbuka alias hasil assessment. Dia berhasil unggul dari kedua kandidat pesaingnya yang tidak bisa diremehkan, yakni Masperi dan M Syukri Harto. Pria berusia 48 tahun ini masih menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda Provinsi Riau telah ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Sekdaprov Riau melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/TPA Tahun 2016 tertanggal 20 Juli 2016 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Ahmad Hijazi merupakan putra daerah asal Kabupaten Inhil. Riwayat pendidikannya pun dimulai dari SD Negeri Hidayat Mumpa lulusan tahun 1980, lalu melanjutkan sekolah menengah pertamanya di SMPN 1 Tembilahan dan sekolah lanjutan menengah atasnya di SMAN 2 Tembilahan lulus tahun 1986.

Saat memasuki jenjang pendidikan tingginya, Ahmad menuntut ilmu di Universitas Riau pada Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Manajemen. Namun, pada program pascasarjananya, ia meneruskan pendidikannya di Universitas Airlangga dengan mengambil jurusan yang sama dan lulus tahun 2006.

Sepak terjang Ahmad Hijazi dalam meniti karier pun dimulai dari nol sebagai Staf Bina Program Kanwil Departemen Perindustrian Riau, golongan Penata Muda III/a (CPNS). Gaji pokok yang diterimanya saat itu ialah sebesar Rp120.160 pada tahun 1994.

Kemudian, ia sempat menjabat sebagai Plt Kepala Seksi Industri Aneka Kantor Departemen Perindustrian Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau tahun 1995, Kasubsi Sarana Industri Hasil Pertanian dan Kehutanan Kandepperindag Kota Batam Provinsi Riau tahun 1996, Kepala Seksi Industri Logam, Mesin, Elektronika dan Aneka Kandepperindag Kodya Batam tahun 1999.

Kariernya pun semakin menanjak, saat menjadi Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan Disperindag Batam Riau, Plt Kasubdin Bina Program Disperindag Batam, Plt Kadisperindag Batam, hingga menjadi Kasubdin Perdagangan Luar Negeri Disperindag Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya, ia menjabat sebagai Kasiperindag Kepulauan Riau, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Batam, Staf Ahli Walikota Batam bidang Tata Kota, Transportasi Massa dan teknologi informasi Batam.

Lalu, ia menjabat sebagai Sekretaris Bappeda Riau III/a pada tahun 2015 dan dilanjutkan dengan posisinya sebagai Plt Kepala Bappeda Riau menggantikan M Yafiz yang pensiun pada 1 Juli 2016 lalu.

Adapun riwayat penghargaan yang pernah diterimanya semasa kerja, yaitu Anugerah Kenaikan Pangkat Prestasi Luar Biasa dari Walikota Batam pada tahun 2003, meraih Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 tahun dari Presiden RI pada tahun 2006, dan meraih penghargaan atas pengabdian sebagai Ketua/Anggota Badan Penyelesaiaan Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Batam Periode 2008-2013 dari Wali Kota Batam. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
GoRiau.com

wwwwww