Home > Berita > Riau

Bahayakan Pemudik, Penambang Batu Liar di Jalan Lintas Riau-Sumbar Ditertibkan Polisi

Bahayakan Pemudik, Penambang Batu Liar di Jalan Lintas Riau-Sumbar Ditertibkan Polisi

Posko Lebaran Kampar, Riau. (foto: detikcom)

Kamis, 30 Juni 2016 19:40 WIB
KAMPAR, POTRETNEWS.com – Kepolisian Resort (Polres) Kampar, Riau, menertibkan sejumlah warga yang melakukan penambangan batu di tebing secara ilegal di jalur mudik Riau-Sumatera Barat (Sumbar). Aktivitas penambangan batu ilegal ini membahayakan penambang dan pengguna jalan. Demikian disampaikan Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi, Kamis (30/6/2016). Edy menjelaskan, selama ini aktivitas warga yang menggali batu di tebing berada di Kecamatan XIII Kotokampar, yang merupakan wilayah perbatasan dengan Provinsi Sumbar.

"Warga selama ini melakukan penambangan batu. Tebing yang mereka gali sudah pernah longsor dan menutup badan jalan," kata Edy.

Terkait hal ini, menjelang arus mudik seluruh aktivitas penambangan ilegal di sepanjang jalan ditertibkan. Polisi melakukan pendekatan secara persuasif demi terciptanya arus mudik yang aman dan nyaman.

"Penambangan tebing itu membahayakan warga sendiri. Termasuk juga para pengguna jalan. Apalagi ini saat arus mudik, jadi kami tidak ingin ada kendala selama arus mudik," ucap Edy.

Menurut Edy, penambangan batu ilegal di tebing jalan ini semestinya tanggung jawab Pemda Kampar. "Kita juga berharap adanya kerjasama dengan pihak pemda untuk sama-sama menertibkan penambangan batu ilegal itu," sebut Edy.

Terkait pengamanan arus mudik, lanjut Edy, pihaknya hari ini sudah mengaktifkan 8 posko mudik termasuk di wilayah perbatasan. Wilayah Kab Kampar merupakan jalur terpadat mudik menuju Sumbar.

"Karenanya kita mendirikan posko mudik di kawasan perbatasan. Di sini juga rawan longsor bila terjadi hujan. Kita juga koordinasi dengan pihak Pemda untuk selalu stanbykan alat berat untuk antisipasi bila terjadi longsor," ujar Edy. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Detik.com

Kategori : Riau, Umum
wwwwww