Home > Berita > Riau

PLN Berencana Lakukan Pemadaman Listrik di Riau dalam Bulan Ramadan

PLN Berencana Lakukan Pemadaman Listrik di Riau dalam Bulan Ramadan

Ilustrasi.

Sabtu, 18 Juni 2016 21:55 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Wilayah Riau masih akan ada pemadaman listrik dalam bulan Ramadhan ini. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau mengakui masih ada rencana pemadaman yang dilakukan selama Ramadan karena faktor teknis yang tak bisa dihindari. General Manager PLN WRKR Feby Joko Priharto, mengatakan, rencana pemadaman tersebut lantaran pada pelaksanaan operasional harian, ada beberapa mesin pembangkit yang mengalami gangguan.

"Memang ada pemadaman terencana, baik itu pemeliharaan atau akibat lain, beberapa mesin pembangkit mengalami gangguan, dan ini tidak bisa dihindarkan tapi sifatnya tidak masif dan bisa kita tangani dengan baik," kata Feby di Pekanbaru, kemarin (17/6/2016).

Feby mencontohkan seperti beberapa hari lalu Pembangkit Sumsel V dan Teluk Sirih Sumbar yang membantu pasokan listrik Riau mengalami gangguan. Namun, kata dia, itu bisa segera pulih karena ditanggulangi dengan baik sehingga bisa beroperasi kembali.

Akibat terganggunya aliran listrik interkoneksi itu membuat terjadinya pemadaman kurang lebih 5-8 Megawatt (Mw). Sedangkan beban puncak listrik di Riau pernah hampir mencapai 600 Mw. Saat ini pasokan listrik dari Provinsi Riau hanya miliki kemampuan total 370,6 Megawatt (Mw) terdiri dari Teluk Lembu di Kota Pekanbaru sebesar 145,2 Mw, lalu Koto Panjang di Kabupaten Kampar 95,7 Mw dan Balai Pungut di Duri, Kabupaten Bengkalis 129,7 Mw.

Beban listrik di Riau terutama pada waktu puncak mulai pukul 18.00 WIB terhitung 22 April 2016 telah mencapai sekitar 600 Mw atau daerah tersebut kekurangan pasokan dan mengandalkan jaringan interkoneksi 150 KV sekitar 38 persen atau 232 MW.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau menjamin pasokan listrik di Provinsi Riau tercukupi selama puasa Ramadan 1437 Hijriyah. Artinya selama umat muslim menjalani ibadah puasa tidak ada pemadaman listrik.

Manajer Sumber Daya Manusia dan Umum PLN Riau dan Kepri Dwi Suryo Abdullah dalam keterangan persnya pecan lalu menjelaskan, saat ini kondisi pembangkit yang selama ini menjadi pemasok daya listrik di Riau dalam kondisi oke. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Otonominews.com

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww