PAD Baru Dapat Rp160 Miliar dari Target Rp600 Miliar, Kadispenda Pekanbaru Masih Juga Berkilah Ekonomi Lesu

PAD Baru Dapat Rp160 Miliar dari Target Rp600 Miliar, Kadispenda Pekanbaru Masih Juga Berkilah Ekonomi Lesu

Ilustrasi.

Sabtu, 18 Juni 2016 08:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Memasuki penghujung semester pertama tahun 2016, realisasi Pendapatan Asli Daerah di Dinas Pendapatan Kota Pekanbaru masih jauh dari harapan, pasalnya hingga kini realisasinya hanya Rp160 miliar dari target yang ditetapkan sekitaran Rp600 miliar lebih. "Sampai pertengahan Juni, realiasasi PAD sudah sekira Rp160 miliar," kata Yuliasman, Kadispenda Kota Pekanbaru, Jumat (17/6/2016).

Apabila dirinci, realiasi tertinggi masih pada sektor Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yakni mencapai Rp49 miliar disusul Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebesar Rp40 miliar, serta pajak reklame sebesar Rp7 miliar, Dia beralasan rendahnya realisasi PAD akibat perekonomian yang lesu.

"Realisasi masih rendah karena pengaruh lesunya perekonomian, serta ada wajib pajak yang menunggak, itu pasti kita kerja," papar Yuliasman. Meski begitu, Kadispenda masih optimis realisasi PAD akan terus bertambah menjelang akhir tahun 2016 mendatang, ditambahkannya ada sektor pajak yang realisasinya baru terlihat di triwulan ketiga seperti Pajak Bumi Bangunan (PBB). "Seperti PBB terlihat pergerakannya di bulan September nanti," sampainya.

Masih kata Yuliasman, realisasi dari sektor PBB juga sedikit berpengaruh akibat ada beberapa WP yang pajaknya di bawah Rp100 ribu, dibebaskan membayar pajak. "Untuk PBB di bawah Rp100 ribu diberikan pengurangan 100 persen," ujarnya. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Riaupos.co

wwwwww