KAHMI Pekanbaru Desak Saut Situmorang Mundur dari KPK

KAHMI Pekanbaru Desak Saut Situmorang Mundur dari KPK

Rinor Kuswan (kanan) dan Khery Sudeska.

Minggu, 08 Mei 2016 18:48 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam talkshow di TV One, Kamis (5/5/2016) lalu yang mengatakan kader HMI adalah orang-orang cerdas saat sebagai mahasiswa, tetapi berubah menjadi koruptor ketika menduduki sebuah jabatan, mendapatkan berbagai kecaman dari kader dan alumni HMI. Melalui surat elektronik yang dikirim ke redaksi potretnews.com, Ketua Umum Pimpinan Majelis Daerah (PMD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Rinor Kuswan didampingi Wakil Ketua Khery Sudeska mengatakan, pernyataan Saut sangat melukai perasaan kader dan alumni HMI secara institusi.

"Pernyataan Saut Situmorang yang dihubungkan-hubungkan dengan korupsi dan kejahatan orang-orang cerdas sangat menyinggung. Sebagai penegak hukum dan sebagai pimpinan lembaga negara, Saut tidak layak menggeneralisir HMI sebagai organisasi pencipta kader pelaku koruptor," ujar Rinor, Minggu (8/5/2016).

Ia mengatakan, mengapa harus HMI contoh alumnus terlibat korupsi. Bukankah dari HMI juga lahir pejuang-penjuang antikorupsi yang jauh lebih banyak.

"Contoh alumnus HMI pejuang antikorupsi seperti Bagir Manan, Anwar Nasution, Jimly Asshidiqie, Suparman Marzuki, Aidul Fitri, Artidjo Alkostar, Bambang Wijayanto. Belum lagi seperti Abdullah Hehamahua yang sangat konsisten sepanjang hidupnya memerangi korupsi," paparnya.

Justru, menurut Rinor yang pernah menjadi Ketua Umum HMI Cabang Pekanbaru ini, Undang-Undang Pemberantasan Korupsi, UU KPK dimotori secara aktif oleh alumnus HMI. "KAHMI tak pernah membela alumnus yang terlibat korupsi, tapi malah mendorong penegak hukum untuk menghukum koruptor," tandasnya.

Saut diingatkan untuk membaca sejarah HMI dan Indonesia, bagaimana peran HMI dan alumninya mengisi kemerdekaan. "KAHMI Kota Pekanbaru mendesak Saut Situmorang untuk minta maaf secara terbuka dan segera mengundurkan diri dari KPK," ujarnya.  (rls)

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pekanbaru, Umum, Peristiwa
wwwwww