Setelah Pungli Sejumlah Pengusaha dan Pencari Kerja, Oknum Pejabat BPB-PK Pekanbaru Menghilang

Setelah Pungli Sejumlah Pengusaha dan Pencari Kerja, Oknum Pejabat BPB-PK Pekanbaru Menghilang

ilustrasi

Selasa, 03 Mei 2016 13:35 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPB-PK) Pekanbaru, Burhan Gurning, dibuat pening oleh ulah bawahannya. Salah seorang kepala bidang (kabid) di instansi yang dipimpin Burhan diduga telah memungut uang kepada sejumlah pengusaha. Ia pun menghilang begitu saja saat ini. 

Sudah banyak pengusaha yang melapor kepadanya atas ulah bawahannya tersebut.

Dikatakan Burhan Gurning, bawahannya tersebut meminta uang retribusi damkar kepada sejumlah badan usaha. Setelah diminta uang tersebut tidak disetorkan kepada Dispenda.
”Sudah dua pekan ini anak itu tidak masuk. Saya pun pusing dibuatnya,” papar Burhan, Senin (2/5).

Setoran yang dilarikan pun bervariasi. Dari belasan juta hingga puluhan juta rupiah. ”Kejadian ini baru kali ini. Dan semua pengusaha yang melapor itu memang ditagih oleh anak itu,” imbuhnya lagi.

Selain itu, pelaku yang menjabat sebagai Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPB-PK berinisial DI itu juga diduga melakukan penipuan dengan mengiming-imingi beberapa orang yang ingin bekerja sebagai tenaga harian lepas (THL) di BPB-PK.

Padahal, lanjut Burhan, saat ini instansinya tidak memerlukan THL lagi. Bahkan bisa dipastikan sepanjang tahun ini BPB-PK tidak lagi menerima pegawai THL.

”Untuk rekrut THL ada yang kena Rp30 juta. Korban melapor ke kami. Kami heran juga, sejak kapan ada buka lowongan THL?” katannya.

Kini keberadaan oknum tersebut tidak diketahui. Karena sejak 2 minggu lalu ia tidak lagi masuk bekerja. Nomor telepon yang dipakai pun hingga saat ini tak kunjung aktif.
BPB-PK telah mengeluarkan surat peringatan kedua. Kasus ini kini ia serahkan kepada pihak terkait yang lebih berwenang, yakni Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pekanbaru. ***


editor: wawan s
sumber: riaupos.co

Kategori : Hukrim, Pekanbaru
wwwwww